ANALISIS FAKTOR TINGKAT KEPUASAN PENGHUNI TERHADAP KUALITAS DAN FASILITAS BANGUNAN PERUMAHAN SUBSIDI (Studi Kasus: Perumahan Grand Ville Taba Lestari Tahap II dan Perumahan Taba Pesona di Kota Lubuklinggau)

Amiliah, Indri Rahayu and Supriani, Fepy and Mase, Lindung Zalbuin (2023) ANALISIS FAKTOR TINGKAT KEPUASAN PENGHUNI TERHADAP KUALITAS DAN FASILITAS BANGUNAN PERUMAHAN SUBSIDI (Studi Kasus: Perumahan Grand Ville Taba Lestari Tahap II dan Perumahan Taba Pesona di Kota Lubuklinggau). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI - INDRI RAHAYU AMILIAH (G1B018084) BEBAS PERPUS UNIB - Indri Rahayu Amiliah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kota Lubuklinggau merupakan kota terpadat ke-2 di Provinsi Sumatera Selatan yang mengalami kenaikan jumlah penduduk dari 236,83 ribu jiwa menjadi 240,24 ribu jiwa pada tahun 2022. Pembangunan perumahan menjadi solusi untuk mengatasi kebutuhan akan tempat tinggal yang semakin tinggi akibat peningkatan jumlah penduduk. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui kepuasan penghuni perumahan subsidi berdasarkan pengaruh faktor harga, kualitas struktur, desain, fasilitas pelayanan sarana dan prasarana, lokasi, dan lingkungan sosial, sebagai upaya developer dalam menyusun strategi guna meningkatkan kepuasan penghuni. Pengamatan dilakukan menggunakan metode survei yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada rumah dari 61 responden di dua perumahan subsidi yaitu perumahan Grand Ville Taba Lestari Tahap II dan perumahan Taba Pesona pada Kota Lubuklinggau. Data observasi dianalisis menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan penghuni pada kedua perumahan adalah sebesar 74,33% dan 75,55% atau berada dalam kategori Puas. Hasil dari Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa faktor dominan pada perumahan Grand Ville Taba Lestari Tahap II adalah faktor lingkungan sosial dan faktor lokasi dengan nilai rata-rata sebesar 4,11 dan 4,03 secara berturut-turut, sementara pada perumahan Taba Pesona adalah faktor lingkungan sosial dengan nilai rata-rata sebesar 3,98 dan 3,82 untuk faktor kualitas fisik dan faktor lokasi. Tiga atribut pada perumahan pertama dan enam atribut pada perumahan kedua masuk ke dalam kategori prioritas utama untuk diperbaiki guna meningkatkan kepuasan. Kata-Kata Kunci: Perumahan, tingkat kepuasan, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:42
Last Modified: 22 Nov 2023 01:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item