ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Ruas Jl. Lintas Bengkulu-Seluma, Pada STA 60+000 s.d. 61+950 Di Kelurahan Pasar Tais Kabupaten Seluma)

WIBISONO, ANANTA and Bahri, Samsul and Misliniyati, Rena (2023) ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Ruas Jl. Lintas Bengkulu-Seluma, Pada STA 60+000 s.d. 61+950 Di Kelurahan Pasar Tais Kabupaten Seluma). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ananta Wibisono - Ananta Wibisono.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Seluma merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu yang pada saat ini sedang terjadi peningkatan mobilitas kendaraan yang mengangkut barang berupa buah sawit, karet, dan hasil pertanian lainnya. Analisis kerusakan dilakukan dengan 2 metode yaitu metode Bina Marga dan metode Pevement Condition Index (PCI). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, tingkat kerusakan permukaan, nilai kondisi kerusakan, urutan prioritas penanganan dan perbaikan pada Jl. Lintas Bengkulu�Seluma pada STA 60+00 s.d. 61+950 di kelurahan Pasar Tais Kabupaten Seluma. Metode Bina Marga menggunakan data LHR dan PCI mengukur kerusakan mulai dari Panjang, lebar, dan kedalaman. Hasil analisis kerusakan jalan berdasarkan metode Bina Marga pada ruas Jl. Lintas Bengkulu- Seluma pada STA 60+00 s.d. 61+950 di kelurahan Pasar Tais Kabupaten Seluma memperoleh nilai uratan prioritas sebesar 9,7 yang merupakan >7 dan termasuk kedalam program pemeliharaan rutin serta mendapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, tambalan, lubang, retak acak, retak memanjang dan melintang, dan pelepasan butiran. Metode PCI memperoleh nilai PCIs rata-rata sebesar 44,65 yang merupakan nilai ini termasuk klasifikasi kualitas perkerasan jalan dengan nilai 6 sedang (fair), jenis kerusakan pada PCI terdapat low, medium, high yaitu retak kulit buaya, retak memanjang dan melintang, retak blok, lubang, tambalan dan galian, amblas, dan pelepasan butiran. Kata kunci: Kerusakan Jalan, Metode Bina Marga, Metode Pavement Condition Index (PCI)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:50
Last Modified: 22 Nov 2023 01:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

View Item View Item