ANALISIS PENGARUH PENINGKATAN DIMENSI KOLOM TERHADAP STRUKTUR FIXED BASE DAN BASE ISOLATION PADA BANGUNAN BERTINGKAT ENAM LANTAI

ADINDA, USWAH FITRI and Islam, Mukhlis and Afrizal, Yuzuar (2023) ANALISIS PENGARUH PENINGKATAN DIMENSI KOLOM TERHADAP STRUKTUR FIXED BASE DAN BASE ISOLATION PADA BANGUNAN BERTINGKAT ENAM LANTAI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI G1B018034 USWAH FITRI ADINDA _compressed - Uswah Fitri Adinda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu merupakan daerah yang sering mengalami gempa bumi. Salah satu alternatif untuk mencegah kerusakan bangunan akibat gempa bumi adalah dengan menggunakan base isolation. Namun, penambahan base isolation pada struktur tidak menutup kemungkinan bahwa struktur tidak memenuhi syarat simpangan izin antar lantai. Oleh karena itu, alternatif lain yang dapat digunakan ialah menambah dimensi elemen struktur sebagai salah satu upaya perkuatan. Contoh yang dapat diambil ialah penambahan dimensi kolom dan dinding geser pada struktur. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbandingan kinerja struktur gedung dengan menggunakan sistem ganda berdasarkan periode, frekuensi, drift, dan efek P-delta antara gedung dengan fixed base dan dengan penambahan base isolation tipe lead rubber bearing terhadap penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode penelitian menggunakan metode analisis beban gempa respons spektrum dan analisis time history. Properties base isolation penelitian ini diambil dari katalog FIP INDUSTRIALE. Nilai base shear saat dipasang base isolator untuk arah x menurun 46,632% dan untuk arah Y menurun 37,293%. Hasil analisis didapatkan struktur dengan perkuatan sebesar 12,37% dapat menurunkan simpangan antar lantai sebesar 69%-70%. Hasil pengecekan syarat sistem ganda telah memenuhi persyaratan SNI 1726:2019 Pasal 7.2.2 Tabel 12. Dari hasil pengecekan drift didapatkan seluruh lantai memenuhi drift izin dengan tiga jenis gaya gempa. Kata Kunci: Sistem Ganda, Base Isolation, Analisis Time History, Drift, Kekakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:09
Last Modified: 22 Nov 2023 02:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17366

Actions (login required)

View Item View Item