STUDI KECEPATAN KENDARAAN BERDASARKAN PERILAKU PENGENDARA DI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS JALAN PARIWISATA KOTA BENGKULU)

HAFIS, IQBAL AL and Hardiansyah, Hardiansyah and Supriani, Fepy (2023) STUDI KECEPATAN KENDARAAN BERDASARKAN PERILAKU PENGENDARA DI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS JALAN PARIWISATA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI M.IQBAL AL HAFIS (G1B018091) - M.Iqbal AlHafis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Jalan Pariwisata Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu merupakan jalan yang ramai dilalui oleh pengendara sepeda motor ataupun mobil, tidak jarang terjadinya kecelakaan lalu lintas bagi pengendara yang melewati jalan tersebut. Penelitian ini memiliki urgensitas yang cukup besar untuk mengetahui perilaku pengendara yang melewati Jalan Pariwisata Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu terhadap kecepatan kendaraannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan program microsoft excel, metode distribusi frekuensi menggunakan program microsoft excel dan metode analisa regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu masyarakat Kota Bengkulu yang melewati Jalan Pariwisata berjumlah 100 responden. Variabel penelitian ini terdiri dari kecepatan kendaraan (y), sikap disiplin (x1), pengetahuan (x2), dan kendaraan (x3). Pengumpulan data penelitian menggunakan alat Speed Gun dan kuesioner. Pengolahan data penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistical product and service solution dan Microsoft exel dengan teknik Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada saat arus lalu lintas rendah, kecepatan tertinggi untuk pengendara laki-laki 76-80 km/jam dan untuk pengendara wanita kecepatan 50-60 km/jam. Terdapat hubungan kecepatan kendaraan pengendara laki-laki saat arus rendah, sedang dan puncak yang menghasilkan persamaan regresi linier sederhana yaitu y = -119,43x + 9922,7 dan hubungan kecepatan kendaraan pengendara wanita saat arus rendah, sedang dan puncak yang menghasilkan persamaan regresi linier sederhana yaitu y = -196,83x + 12259. Karakteristik pengendara dengan variabel sikap disiplin (x1), pengetahuan (x2), dan kendaraan (x3) bahwa terdapat pengaruh terhadap kecepatan saat berkendara (y). Terdapat keterkaitan antara kecepatan dengan perilaku pengendara. Tingkat keterkaitan untuk variabel x1 sebesar 34,5 %, variabel x2 sebesar 25,7 %, dan variabel x3 sebesar 29.4 %. Kata Kunci : Kecepatan, Kendaraan, dan Perilaku Pengendara

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:22
Last Modified: 22 Nov 2023 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17368

Actions (login required)

View Item View Item