ANALISIS PEMILIHAN RUTE ALTERNATIF AKIBAT KEBIJAKAN CAR FREE DAY PADA JALAN SOEPRAPTO (Studi Kasus Jaringan Jalan di Kawasan Jalan Soeprapto, Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Letkol Santosa Kota Bengkulu)

WIJAYA, ANANG and Hardiansyah, Hardiansyah and Rosa, Khairul Amri (2023) ANALISIS PEMILIHAN RUTE ALTERNATIF AKIBAT KEBIJAKAN CAR FREE DAY PADA JALAN SOEPRAPTO (Studi Kasus Jaringan Jalan di Kawasan Jalan Soeprapto, Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Letkol Santosa Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Anang Wijaya_G1B018060.. - Anang Wijaya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Salah satu permasalahan dari kegiatan car free day di Kota Bengkulu yang dilaksanakan di Jalan Soeprapto adalah kemacetan lalu lintas. Penelitian ini memodelkan jaringan jalan di sekitar Jalan Soeprapto untuk mengetahui kinerja jaringan jalan akibat peralihan rute. Pemodelan jaringan jalan yang dilakukan pada penelitian ini adalah menambahkan skenario penambahan kapastitas jalan dan pemberlakuan jalan satu arah dengan menggunakan software ZIN Macrosimulation. Penelitian ini diawali dengan survei geometrik jalan dan arus lalu lintas pada enam zona, yang terdiri dari tiga belas ruas jalan untuk mengetahui kinerja jaringan jalan pada saat kondisi eksisting dan menyebarkan kuesioner secara online kepada masyarakat yang pernah melewati Jalan Soeprapto Kota Bengkulu. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa responden setuju dengan rencana skenario yang akan dilakukan dan mengetahui arah pergerakan dari pengguna Jalan Soeprapto ketika adanya kebijakan car free day. Analisis pemodelan pada saat penerapan skenario 2 menunjukkan terjadinya perubahan tingkat pelayanan jalan pada setiap ruas jalan yang diteliti, terutama pada Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Letkol Santosa yang awalnya tingkat pelayanan jalan masing masing A dan B menjadi tingkat pelayanan jalan C. Hasil pemodelan skenario 3 dengan melebarkan ruas Jalan Letkol Santosa dan manajemen lalu lintas jalan satu arah pada Jalan Soekarno Hatta menunjukan tingkat pelayanan jalan pada setiap ruas jalan yang diteliti lebih baik dari tingkat pelayanan jalan pada saat kondisi di lapangan. Hal ini menunjukan jaringan jalan dengan skenario ini merupakan solusi yang baik untuk mengatasi kepadatan lalu lintas saat adanya kebijakan car free day. Kata Kunci: Car Free Day, Peralihan Rute, ZIN Macrosimulation, Pemodelan Jaringan Jalan, Kinerja Jaringan Jalan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:40
Last Modified: 22 Nov 2023 02:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item