ANALISIS JALAN SATU ARAH DAN PENAMBAHAN KAPASITAS JALAN SEBAGAI ALTERNATIF KEBIJAKAN SAAT KEGIATAN CAR FREE DAY (Studi kasus : Jaringan Jalan Soeprapto)

YULANDARI, SENTIA and Hardiansyah, Hardiansyah and Mase, Lindung Zalbuin (2023) ANALISIS JALAN SATU ARAH DAN PENAMBAHAN KAPASITAS JALAN SEBAGAI ALTERNATIF KEBIJAKAN SAAT KEGIATAN CAR FREE DAY (Studi kasus : Jaringan Jalan Soeprapto). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Sentia Yulandari (G1B018018) - sentia yulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kota Bengkulu melaksanakan kegiatan car free day untuk pertama kalinya pada Minggu, 27 Oktober 2019. Selama pelaksanaan car free day di Kota Bengkulu terjadi beberapa masalah terhadap lalu lintas yang disebabkan oleh penutupan ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja jaringan jalan pada kawasan Jalan Soeprapto saat kegiatan car free day. Penelitian dimulai dari survei arus lalu lintas, geometrik ruas jalan dan penyebaran kuesioner kepada penduduk Kota Bengkulu. Pemodelan jaringan jalan dilakukan dengan skenario jalan satu arah dan penambahan kapasitas jalan menggunakan aplikasi ZIN Macrosimulation. Hasil analisis pemodelan pada skenario 2 menunjukkan perubahan tingkat pelayanan pada beberapa ruas jalan, yaitu ruas Jalan Basuki Rahmat dari A menjadi D, ruas Jalan Bangka dari A menjadi C dan ruas Jalan Cendana dari A menjadi C. Hasil pemodelan pada skenario 3 dan skenario 4 menunjukkan penurunan nilai derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan jalan menjadi lebih baik pada setiap ruas jalan. Hal tersebut menunjukkan bahwa skenario 3 dan skenario 4 efektif untuk menurunkan kepadatan lalu lintas. Berdasarkan kondisi pada saat kegiatan car free day dapat disimpulkan bahwa skenario jalan satu arah pada Jalan Basuki Rahmat dan peningkatan kapasitas pada Jalan Bangka efektif untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan. Kata Kunci: Pemodelan, Skenario, ZIN Macrosimulation, Kinerja Jaringan Jalan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:58
Last Modified: 22 Nov 2023 02:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17374

Actions (login required)

View Item View Item