PENGARUH BELANJA LANGSUNG, BELANJA TIDAK LANGSUNG, KONSUMSI RUMAH TANGGA, DAN INVESTASI, TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus: Kabupaten/Kota Di Provinsi Bengkulu)

Nur Mawati, Desti and Merri, Praningrum and Rosemarina, A. Rambe (2023) PENGARUH BELANJA LANGSUNG, BELANJA TIDAK LANGSUNG, KONSUMSI RUMAH TANGGA, DAN INVESTASI, TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (Studi Kasus: Kabupaten/Kota Di Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
DESTI NUR MAWATI (C1A018050-SKRIPSI) - Desti Nur Mawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

bangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi merupakan salah satu sasaran yang akan dicapai dalam pelaksanaan pembangunan di suatu daerah. Namun, kondisi pertumbuhan ekonomi provinsi Bengkulu melambat pada tahun 2011-2020. Jika dilihat dari faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dari sisi pengeluaran yaitu belanja langsung, belanja tidak langsung, konsumsi rumah tangga, dan investasi cenderung menunjukkan peningkatan pada rentang waktu 2011-2020. Hal tersebut menandakan adanya ketidaksesuaian antara faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dengan kondisi pertumbuhan ekonomi pada Kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisa pengaruh belanja langsung, belanja tidak langsung, konsumsi rumah tangga dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi pada kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari publikasi resmi pemerintah. Yaitu dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Penelitian ini menggunakan data Laju Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto Menurut Pengeluaran Atas Dasar Harga Konstan (PDRB ADHK) untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi, belanja langsung, belanja tidak langsung, konsumsi rumah tangga, dan investasi pada masing-masing kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu dalam kurun waktu 2011-2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel belanja langsung dan investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan variabel belanja tidak langsung dan konsumsi rumah tangga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada Kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Belanja Langsung, Belanja Tidak Langsung, Konsumsi Rumah Tangga, Investasi, Data Panel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:32
Last Modified: 15 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item