PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUL:S CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL‐ EXPERIENTIAL LEARNrNG SiSWA KELAS X l SMA NECERI 3 LUBUK LINGGAU

Eliyani, Sadarti and Suhartono, Suhartono and Sarwit, Sarwono (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUL:S CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL‐ EXPERIENTIAL LEARNrNG SiSWA KELAS X l SMA NECERI 3 LUBUK LINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Oleh SADARTI ELIYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X1 SMA Negeri 3 Lubuklinggau melalui penggunaan model expeiential leaming. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan menulis cerpen pada setiap siklus dan hasil pengamatan yang dilakukan pada setiap pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes kemampuan siswa menulis cerpen, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat, yaitu dari siklus I rata-rata nilai 75 berkategori baik, siklus ll meningkat menjadi 85 berkategori sangat baik. Disimpulkan bahwa model experiential leaming dapat meningkatkan hasil belajar menulis cerpen pada siswa kelas X 1 SMA Negeri 3 Lubuklinggau. Kata kunci: menulis, cerpen, dan model experientiat leaming.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 05 Apr 2019 06:59
Last Modified: 05 Apr 2019 06:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item View Item