ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN TINDAKAN MASYARAKAT MELAKUKAN PINJAMAN PADA RENTENIR (STUDI KASUS DESA LUBUK SANAI III KECAMATAN XIV KOTO KABUPATEN MUKOMUKO)

Mugi Lestari, Wiji and Yusnida, Armelly and Mochammad, A. Rambe (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN TINDAKAN MASYARAKAT MELAKUKAN PINJAMAN PADA RENTENIR (STUDI KASUS DESA LUBUK SANAI III KECAMATAN XIV KOTO KABUPATEN MUKOMUKO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WIJI MUGI LESTARI - wiji mugi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perekonomian yangpmaju, peran uangidan lembagalkeuangan tidak dapat diabaikan. Di Indonesia terdapat berbagai macam lembagakkeuangan, baik formal maupun informal. Sistem keuangan Indonesia diatur dan diawasi oleh Kementerian Keuangan, namun ada juga pelaku pasar keuangan lain yang tidak termasuk dalam sistem keuangan (tidak berada di bawah kendali Kementerian Keuangan), yang biasa disebut dengan lembaga keuangan informal seperti Rentenir. Rentenir mengeluarkan uang dengan cepatkdan tidak memerlukan persyaratanmyang rumit, berbeda dengankbank yang membutuhkan waktu pencairan danksyarat tertentu seperti kartu identitas. Akan tetapi para rentenir memiliki citra buruk sebagai rentenir bagi masyarakat umum, namun rentenir tetap eksis di masyarakat dikarenakan hanya Rentenir yang dianggap dapat membantu dimasa-masa sulit. Kebutuhan yang mendesak, kemudahan yang di berikan dan tidak adanya jaminan untuk meminjam hal ini membuat masyarakat lebih tertarik meminjam pada Rentenir dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya yang dalam melakukan pinjaman harus memenuhi persyaratan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan tindakan masyarakat melakukan pinjaman pada Rentenir. Penelitian ini menggunakan data primer. Data primer merupakan data yang berasal dari 36 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualititatif. Teknik pengambilan sampel adalah sensus dikarenakan semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat yang melakukan pinjaman pada rentenir. Karakteristik responden diklarifikasi menurut umur, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, pekerjaan, dan lama pinjaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kebutuhan, kemudahan, dan jaminan merupakan faktor penentu masyarakat melakukan pinjaman pada Rentenir. Nilai rata-rata jawaban responden tertinggi pada variabel kemudahan dengan rata-rata 4.11, nilai rata-rata jawaban responden urutan kedua pada variabel kebutuhan dengan rata-rata 4.07 dan nilai rata-rata jawaban responden terendah pada variabel jaminan dengan rata-rata 4.00 yang artinya masyarakat setuju bahwa ketiga variabel tersebut merupakan faktor penentu masyarakat meminjam kepada Rentenir. Dari ketiga variabel tersebut yang paling dominan adalah variabel kemudahan. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada kepada masyarakat lebih banyak belajar dan mencari informasi seputar Lembaga Keuangan di daerah tempat tinggalnya sehingga tidak mudah terjebak pada pinjaman yang diberikan oleh Rentenir. Kata Kunci : Kebutuhan, Kemudahan, Jaminan, Tindakan Masyarakat Melakukan Pinjaman pada Rentenir

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:49
Last Modified: 15 Jan 2024 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17390

Actions (login required)

View Item View Item