PENGARUH CONTENT CREATOR MARKETING PLATFORM INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI KREATOR KONTEN POSTINGAN BENGKULUBIKINLAPER)

Alif Utama, Dion and Ilysa, Hayadi and Rima, Suthia Hayu (2023) PENGARUH CONTENT CREATOR MARKETING PLATFORM INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI KREATOR KONTEN POSTINGAN BENGKULUBIKINLAPER). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era digital sekarang ini, teknologi berkembang pesat hingga perkembangan digital ikut berkembang. Dengan adanya internet mempermudahkan semua kebutuhan yang ada menjadi praktis dan efisien, termasuk kebutuhan untuk bisnis. Bisnis di era digital banyak mengalami perubahan termasuk di dalam marketing. Menurut De Vries dan Carlson (2014) melanjutkan teori dari Gensler et al (2013), Kehadiran di jejaring sosial telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran: promosi produk secara online melalui akun bisnis dan beriklan di platform jejaring sosial telah terbukti efisien. Di era milenial sekarang banyak kalangan generasi milenial yang menjadikan content creator sebagai pekerjaan dan fashion, ini dikarenakan banyaknya penghasilan yang didapat jika konten yang dibuat banyak diminati sehingga perusahaan memanfaatkan content creator yang memiliki banyak pengikut dengan mengiklankan produk mereka atau jasa mereka ke content creator tersebut, ini menjadikan content creator juga sebagai celebrity endorser (influencer) karena mengendorse atau mengiklankan produk dikonten mereka. Studi ini meneliti niat beli produk yang dipromosi dari content creator, yaitu meneliti beberapa faktor yang mempengaruhi niat beli atau purchase intention. Beberapa variabel yang digunakan untuk berpengaruh terhadap purchase intention yaitu content creator, parasocial interaction, dan credibility. Sehingga terdapat empat hipotesis untuk diuji yaitu 1) apakah content creator berpengaruh terhadap purchase intention, 2) apakah parasocial interaction berpengaruh terhadap purchase intention, 3) apakah credibility berpengaruh terhadap purchase intention, dan 4) apakah content creator, parasocial interaction, dan credibility sama-sama berpengaruh terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimana terdapat pengujian hipotesis variabel. penelitian ini, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online dengan menggunakan skala likert 5 poin, metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel, dan diperoleh 190 responden, teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistical Package for Social Science version 21. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel Content Creator berpengaruh postif terhadap Purchase Intention, 2) Variabel Parasocial Interaction berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, 3) Variabel Credibility berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, dan 4) Variabel Content Creator, Parasocial Interaction, dan Credibility sama-sama berpengaruh positif terhadap variabel Purchase Intention. Kata Kunci: Niat Beli, Konten Kreator, Interaksi Parasosial, Kredibilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:20
Last Modified: 15 Jan 2024 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item View Item