PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE, DAN UTILITARIAN BROWSING TERHADAP E-IMPULSE BUYING (Pada Pengguna E-Commerce di Kota Bengkulu)

Rhama Sandria, Harry and Seprianti, Hayadi and Rima, Suthia Hayu (2023) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE, DAN UTILITARIAN BROWSING TERHADAP E-IMPULSE BUYING (Pada Pengguna E-Commerce di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HARRY RHAMA SANDRIA_C1B017061_SKRIPSI - Harry rhama.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin aktif pengguna internet di Indonesia menjadikan pasar yang sangat bagus untuk pelaku industri e-commerce, hal ini membuka peluang yang besar bagi e-commerce dan market place di Indonesia semakin berkembang dengan keuntungan yang fantastis, seperti; Shopee, Lazada, Tokopedia, Bli-bli dan lain sebagainya. Tidak hanya situs berbelanja yang resmi bermunculan, tetapi ada juga produsen menggunakan akun pribadi dari pelaku e-commerce di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter. Dengan adanya penggunaan penggunaan teknologi tersebut terjadi pergeseran prilaku konsumen yang pada awalnya melakukan pembelian secara offline sekarang sudah melakukan pembelian secara online. Impulse buying menjadi fenomena yang sangat menarik dalam dunia pemasaran hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model empiris dari Impulse buying yang dipengaruhi oleh variabel hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dan utilitarian browsing terhadap individu atau pengguna Platform e-commerce di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner online melalui media sosial whatsapp, instagram dan facebook. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner online. Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna platform e-commerce apapun di Kota Bengkulu. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 204 responden yaitu masyarakat umum yang bertempat tinggal di kota Bengkulu, Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Hedonic shopping motivation dapat memengaruhi e-impulse buying secara positif dan signifikan. Jika konsumen memiliki nilai-nilai hedonisme yang tinggi, maka semakin impulsif pula pembelian yang dilakukaknnya. 2). Shopping lifestile dapat mempengaruhi e impulse buying secara positif dan signifikan. Semakin tinggi gaya hidup belanja konsumen maka akan semakin impulsif juga pembelian yang akan di lakukankanya. 3). Utilitarian browsing dapat mempengaruhi e-impulse buying secara positif dan signifikan. Artinya bahwa apabila terjadi peningkatan terhadap utilitarian browsing, maka tingkat e-impulse buying pada e-commerce di Kota Bengkulu juga akan meningkat. 4). Hedonic shopping motivation, shopping lifestyle, dan utilitarian browsing berpengaruh secara simultan terhadap e-impulse buying. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dan utilitarian browsing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap e impulse buying pada platform e-commerce di kota Bengkulu dan hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dan utilitararian browsing berpengaruh secara simultan terhadap e-impulse buying. Adapun saran dalam penelitian ini bagi akademisi, yaitu penelitian ini dapat menjadi sumber informasi untuk menganalisis bagaimana pengaruh hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dan utilitarian browsing terhadap e-impulse buying. Kata kunci : E-commerce, E-Impulse Buying Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Utilitarian Browsing,

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:24
Last Modified: 15 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17398

Actions (login required)

View Item View Item