PENGARUH BRAND EQUITY DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE

Adiyat M, M. Gumilang and Muhartini, Hayadi and Fachri, Rahmayanti (2023) PENGARUH BRAND EQUITY DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
M - Gumilang Adiyat.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasar potensial di Indonesia yang masih terbuka lebar, membuat para pengusaha, perusahaan dan investor berlomba-lomba bersaing untuk mendapatkan keuntungan besar. Merek pada suatu produk menjadi hal penting karena dapat memberikan manfaat yang besar bagi produsen maupun konsumen, hal ini berkaitan dengan pengetahuan konsumen akan produk yang dibeli atau dikonsumsi secara besar dan berkala. Merek juga mampu menambah nilai bagi konsumen. ekuitas dan keyakinan atas produk yang menyebabkan konsumen ingin terasosiasikan dan membelinya, sehingga konsumen tidak segan membayar mahal untuk mendapatkan produk dengan merek tertentu. Konsumen bersedia membayar lebih tinggi suatu produk karena melekat merek yang merupakan jaminan konsistensi kualitas dan nilai tertentu yang diyakini terkandung didalamnya, tanpa adanya merek konsumen menjadi kurang merasa aman dari kemungkinan buruk diluar harapan sehingga hal tersebut akan memberikan dampak pada keputusan pembelian pada suatu produk (Sundjoto & Hadi, 2012). Skripsi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand equity dan brand awereness terhadap keputusan pembelian sepatu converse. Keputusan pembelian adalah tahap selanjutnya setelah adanya niat atau keinginan membeli, namun keputusan pembelian adalah tidak sama dengan pembelian yang sebenarnya (Morissan, 2010). Menurut Kotler (2009) keputusan membeli yaitu beberapa tahapan yang dilakukan oleh konsumen sebelum melakukan membeli suatu produk. Dalam membeli suatu produk, konsumen akan menilai produk yang akan dibelinya melalui berbagai aspek. Hal inilah yang disebut dengan tahap proses keputusan pembelian. Brand Equity menurut Kotler dan Keller (2009) merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk dan jasa. Nilai tambah yang diberikan oleh konsumen dapat tercermin dari cara konsumen merasakan kualitas dan kepuasan terhadap suatu barang atau jasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis yang menguji pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian sepatu converse, kedua menguji pengaruh brand awereness terhadap keputusan pembelian sepatu converse. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 80 responden. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil dari penelitian ini pada rata-rata tanggapan responden terhadap keputusan pembelian menunjukkan responden memiliki karakteristik yang positif terhadap sepatu converse. Pada tanggapan responden terhadap variable brand halnya pada tanggapan responden terhadap variable brand awarenese menunjukkan responden memiliki kesanggupan untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa sepatu converse merupakan bagian dari katagori produk tertentu. Pada pengujian hipotesis pertama untuk brand equity didapatkan t.hitung>t.tabel(4,913>1,965) yang artinya H1 diterima, untuk brand awarenese didapatkan hasil t.hitung > t.tabel (2,574 > 1,965) yang artinya H1 diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah variabel brand equity secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu converse, dan variabel brand awareness secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu converse. Adapun saran dalam penelitian ini bagi perusahaan sepatu converse, diharapkan perusahaan sepatu converse agar dapat meningkatkan kekuatan dari sebuah merek (converse) melalui aspek aspek dari brand equity, meningkatkan brand awareness melalui iklan media misalnya koran, majalah, radio, televisi, billboard, pamflet, dan internet. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak variabel atau faktor lain yang berdampak pada keputusan pembelian dan dapat memodifikasi dan mengembangkan model-model yang relevan dengan keadaan dimasa yang akan datang guna mendapatkan hasil yang juga relevan dengan keadaan dimasa yang akan datang. Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Brand Equity, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:00
Last Modified: 16 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item