PENGARUH VIRAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN DUKUNGAN SELEBRITI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING

Tazkirah Putri, Indri and Fachri, Eka Saputra and Seprianti, Eka Putri (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN DUKUNGAN SELEBRITI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI INDRI TAZKIRAH PUTRII_C1B018066 - Indri Tazkirah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Produk skincare scarlett whitening menempati peringkat pertama menjadi produk perawatan tubuh terlaris di Indonesia dengan persentase 18,9% berdasarkan pangsa pasar Shopee dan Tokopedia. Produk scarlett whitening meluncurkan berbagai jenis perawatan kulit tubuh dan wajah yang sudah terdaftar oleh BPOM RI. Produk scarlett whitening telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia dari berbagai rentang usia dan kalangan, berbagai macam jenis produk-produk yang telah dikeluarkan oleh scarlett whitening yaitu 1). Body Care: Shower Scrub, Body Scrub, Body Lation, 2). Face Care: Face Wash, Facial Serum, Cream, 3). Hair Care: Sea Salt Shampoo, Conditioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh viral marketing, electronic word of mouth, dan dukungan selebriti terhadap keputusan pembelian produk skincare scarlett whitening. Keputusan pembelian merupakan suatu tahap dimana konsumen telah memiliki pilihan dan siap untuk melakukan pembelian. Viral marketing adalah pemasaran dari mulut ke mulut berbasis internet dengan cara membuat konten viral sehingga dapat menyebar luas dikalangan konsumen menjadi suatu perbicangan. Electronic word of mouth berupa komentar positif dan negatif yang dilakukan oleh konsumen mengenai informasi suatu produk melalui internet. Dukungan selebriti adalah pemasaran berupa iklan yang menggunakan orang atau tokoh terkenal (artis, actor, entertainer) untuk mendukung produk yang diiklankan. Hipotesis pada penelitian diduga bahwa viral marketing, electronic word of mouth dan dukungan selebriti berpengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengumpulkan data secara langsung dari responden menggunakan kuesioner dan item-item dari kuesioner yang berhubungan langsung dengan skala perilaku atau pendapat seseorang. Jumlah responden terdiri dari 150 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS dengan bantuan program SPSS versi 28.0. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan bantuan digital yaitu google form. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji f, uji t dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,647 lebih besar dari ttabel 1,655 dan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,005. Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 2,670 lebih besar dari ttabel 1,655 dan nilai signifikan 0,008 lebih kecil dari 0,005. Dukungan selebriti juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,916 lebih besar dari ttabel 1,655 dan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,005. Selain itu viral marketing, electronic word of mouth dan dukungan selebriti juga berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada produk Skincare Scarlett Whitening dengan nilai fhitung 51,377 lebih besar dari ftabel 2,67 dan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,005. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapat beberapa kesimpulan. Kesimpulan pertama bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare scarlett whitening. Kesimpulan kedua electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare scarlett whitening. Kesimpulan ketiga dukungan selebriti berpengaruh positif dan signifikan terdahap keputusan pembelian produk skincare scarlett whitening. Kesimpulan keempat secara simultan viral marketing, electronic word of mouth, dan dukungan selebriti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk skincare scarlett whitening. Kata kunci: pemasaran viral, berita elektronik dari mulut ke mulut, dukungan selebriti, keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:48
Last Modified: 17 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item View Item