PENGARUH INVESTOR ATTENTION DAN MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN DAN LIKUDITAS SAHAM (STUDI EMITEN YANG TERDAFTAR DI INDEKS JII PERIODE 2015-2020)

Geovani Hasnam, Muhammad and Berto, Usman and Fitri, Santi (2023) PENGARUH INVESTOR ATTENTION DAN MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN DAN LIKUDITAS SAHAM (STUDI EMITEN YANG TERDAFTAR DI INDEKS JII PERIODE 2015-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD GEOVANI HASNAM - Geovani Hasnam.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini secara umum menguji pengaruh antara investor attention dan makroekonomi terhadap return dan likuiditas saham perusahaan yang terdaftar di indeks Jakarta Islamic Index (JII) di Indonesia. Kegiatan organisasi dapat menyebabkan terjadinya asimetri informasi (Jensen & Meckling, 1976), penelitian ini berargumentasi bahwa tingkat pencarian informasi yang tinggi menggunakan internet dapat membantu investor untuk memangkas tingkat asimetri informasi yang terjadi dan perusahaan pun dapat memberikan signal kepada para investor agar investor cenderung untuk membeli saham perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh investor attention yang diproksikan dengan Google Search Volume (GSV) dan hubungannya dengan kinerja perusahaan yang diukur dengan return dan likuiditas saham pada perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII), Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber seperti IDX, BPS, dan website perusahaan terkait. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 11 perusahaan yang terdaftar di indeks Jakarta Islamic Indexs (JII) periode 2015-2020. Teknik pengolahan data yakni analisis regresi data panel. Penelitian ini menggunakan program EVIEWS 12. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji signifikansi parsial, uji signifikansi simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Investor attention tidak berpengaruh signifikan terhadap return dan likuiditas saham perusahaan yang terdaftar di indeks JII periode 2015 2020. 2. GDP tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Namun berpengaruh negatif terhadap likuiditas saham yang terdaftar di indeks JII periode 2015-2020. 3. Suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap return dan likuiditas saham yang terdaftar di indeks JII periode 2015-2020. Saran kepada investor, terkhusus investor pemula ketika berinvestasi untuk dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya agar mendapatkan informasi dengan baik, baik tentang perusahaan terkait atau regulasi dan keadaan makroekonomi yang ada di Indonesia. Kemudian perkembangan makroekonomi yang terjadi di Indonesia tidak berpengaruh terhadap kebiasaan investor syariah dalam bertransaksi saham perusahaan syariah. Sehingga saham perusahaan syariah bisa dikategorikan sebagai perusahaan yang tahan terhadap naik dan turunnya isu makroekonomi yang ada di Indonesia. Kata Kunci: Investor attention, return, likuiditas, google search volume, makroekonomi, JII.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:35
Last Modified: 22 Jan 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17415

Actions (login required)

View Item View Item