PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Desty, Rahel Mey and Sri, Eka Putri and Paulus, Salim (2023) PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RAHEL MEY - Rahel Desty.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017- 2019. Seperti yang disampaikan oleh Aries (2011) bahwa tujuan utama didirikannya sebuah perusahaan pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kemakmuran para pemilik saham. Perusahaan makanan dan minuman dipilih untuk menjadi objek dalam penelitian karena sektor ini cukup menjanjikan keuntungan, sehingga banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi dalam sektor tersebut. Selain itu sebelum seorang investor melakukan investasi, ia harus memperhatikan nilai dari sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan harus dapat mewujudkan tercapainya nilai perusahaan yang baik. Nilai perusahaan merupakan kondisi tertentu yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan setelah melalui suatu proses kegiatan selama beberapa tahun (Brigham dan Houston, 2006). Nilai perusahaan juga dapat diartikan sebagai harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli apabila perusahaan hendak dijual (Wiagustini, 2010). Beberapa hal yang dapat menentukan nilai suatu perusahaan yaitu struktur modal dan pertumbuhan perusahaan. Struktur modal merupakan perbandingan nilai hutang dengan nilai modal sendiri yang tercermin pada laporan keuangan perusahaan akhir tahun (Puspita dan Mahfud, 2011). Selanjutnya pengertian pertumbuhan perusahaan menurut Suprantiningrum (2011) adalah peningkatan atau penurunan total aset yang dimiliki oleh perusahaan yang dihitung sebagai persentase perubahan aset pada tahun tertentu terhadap tahun sebelumnya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah data yang diolah dalam penelitian ini yaitu sebanyak 42 data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi data panel dengan bantuan aplikasi eviews 10. Data panel merupakan gabungan data time series dan cross section.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:44
Last Modified: 17 Jan 2024 06:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17419

Actions (login required)

View Item View Item