PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW PERCEIVED RISK DAN PROMOTION TERHADAP TRUST SERTA DAMPAKNYA TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA SHOPEE

Sherllin, Sherllin and Ilsya, Hayadi and Fachri, Eka Saputra (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW PERCEIVED RISK DAN PROMOTION TERHADAP TRUST SERTA DAMPAKNYA TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA SHOPEE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Sherllin C1B018125 terbaru - Sherllin Leonardo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Zaman sekarang ini sudah banyak sekali e-commerce atau aplikasi berbelanja online. Berbagai nama platform e-commerce yang sering kita dengar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan masih banyak lainnya saling berlomba menonjolkan keunggulan dan promo menarik masing-masing. Namun begitu, dari sekian banyak platform e-commerce tersebut, salah satu platform e- commerce yang banyak dikunjungi oleh pengguna layanan jasa adalah Shopee. Dilansir dari portal berita kontan.co.id, dari beragam platforme-commerce yang hadir di tengah masyarakat Indonesia, Shopee menjadi layanan e-commerce yang p aling banyak dikunjungi dan digunakan oleh masyarakat pada tahun 2020 sampai saat ini. Aplikasi Shopee sendiri merupakan suatu situs e-commerce yang berkantor pusat di negara Singapura. Shopee pertama kali hadir di negara Singapura pada tahun 2015, dan kini tela menyebar ke beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. Shopee merupakan salah satu pilihan untuk berbelanja online, dan Shopee telah membuat perubahan untuk menarik para pelnanggan sehingga dapat berinteraksi lebih banyak melalui situs Shopee. Shopee lebih terfokuskan pada platform seluler, dimana hal ini dapat mempermudah konsumen dalam berbelanja langsung melalui ponsel. Dalam penelitian ini menggunakan lima variabel yaitu online customer review, perceived risk, promotion, trust dan repurchase intention menurut Latief dan Ayustira (2020) menyatakan bahwa online costumer review (OCR) diartikan sebagai fasilitas yang mengijinkan konsumen untuk secara bebas dan mudah menulis komentar dan opini mereka secara online mengenai berbagai produk ataupun pelayananan, costumer review ini dapat memberikan pengaruh besar terhadap keputusan pembelian dari seorang konsumen Kim et al., (2008) menyatakan bahwa perceived risk adalah keyakinan konsumen mengenai suatu hal negative dan ketidakpastian saat melakukan pembelian secara online Menurut (Septiani, 2018) promosi adalah upaya untuk mempengaruhi sikap atau perilaku calon konsumen untuk membujuk mereka dengan harapan mereka dapat menerima, membeli atau menggunakan produk yang sedang dipromosikan. Martinez dan Bosque, (2013) kepercayaan konsumen didefinisikan sebagai keyakinan bahwa sebuah penyedia produk atau jasa dapat diandalkan untuk berperilaku sedemikian rupa sehingga kepentingan jangka panjang konsumen dapat terpenuhi. Hellier et al., (2003) bahwa niat pembelian kembali didefinisikan sebagai hasil yang muncul dari konsumen untuk membeli produk yang disukainya dan yang sebelumnya diperoleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu desain survei. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online. Penelitian ini melibatkan orang yang pernah berbelanja di Shopee yang berdomisili di Provinsi Bengkulu. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden.. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program SmartPls dengan versi 3.3.9. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis, dan pengujian efek mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust pada Shopee dengan nilai t-statistik 7,464 (nilai statistik >1,96) dan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). 2) perceived risk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap trust pada Shopee dengan nilai t- statistik 2,129 (nilai statistik >1,96) dan nilai p-value sebesar 0,034 (<0,05). 3) promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust pada Shopee dengan nilai t-statistik 3,601 (nilai statistik >1,96) dan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). 4) trust berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention pada Shopee dengan nilai t-statistik 18,588 (nilai statistik >1,96) dan nilai p-value sebesar 0,000 (<0,05). 5) trust memediasi pengaruh online customer review terhadap repurchase intention dengan nilai t-statistik 6,444 dan nilai p-value sebesar 0,000. 6) trust memediasi pengaruh perceived risk terhadap repurchase intention dengan nilai t-statistik 2,161 dan nilai p-value sebesar 0,031. 7) trust memediasi pengaruh promotion terhadap repurchase intention dengan nilai t-statistik 3,570 dan nilai p- value sebesar 0,000. Keterbatasan pada penelitian ini yaitu hanya meneliti pada variabel online customer review, perceived risk, promotion, trust dan repurchase intention. Kemudian, Penelitian ini hanya dilakukan pada pengguna Shopee di provinsi Bengkulu. Selain itu, penyebaran kuesioner pada penelitian ini belum merata pada seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan dapat menambah variabel lain yang dianggap memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Selain itu, diharapkan dapat memperluas populasi penelitian yang tidak hanya diambil dari pengguna shopee di provinsi Bengkulu tetapi mencakup seluruh wilayah di Indonesia. Kemudian, diharapkan untuk penelitian selanjutnya lebih memperhatikan sebaran responden agar lebih merata untuk setiap kabupaten dan kota. Keywords: Online customer review, perceived risk, promotion, trus, repurchase intention

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:56
Last Modified: 17 Jan 2024 06:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17421

Actions (login required)

View Item View Item