PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MINUMIN KOTA BENGKULU

Annisa Utami, Syafira and Seprianti, Hayadi and Rina, Eka Saputra (2023) PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MINUMIN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SYAFIRA ANNISA UTAMI C1B018058 - Syafira Annisa Utami.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minumin merupakan sebuah usaha waralaba yang berdiri di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu wilayah sebaran usaha Minumin yaitu Kota Bengkulu. Minumin pertama kali hadir di Kota Bengkulu pada tahun 2020. Minumin memiliki banyak variasi produk diantaranya varian cheesecake, varian yakult, varian tea dan lainnya. Harga yang ditetapkan untuk sebuah produk Minumin cukup terjangkau, berkisar antara 5.000 rupiah hingga 15.000 rupiah. Hingga saat ini Minumin telah membuka beberapa cabang di Kota Bengkulu yang berlokasi di kawasan yang mudah dijangkau konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh variasi produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu. Keputusan pembelian merupakan suatu tahap dimana konsumen telah memiliki pilihan dan siap untuk melakukan pembelian. Variasi produk adalah kumpulan seluruh barang yang ditawarkan penjualan tertentu kepada konsumen. Harga berupa sejumlah uang yang dikeluarkan untuk sebuah produk atau jasa. Lokasi adalah lapisan perantara pemasaran yang akan membawa produk dan kepemilikan lebih dekat kepada pembeli akhir. Hipotesis pada penelitian diduga bahwa variasi produk, harga dan lokasi berpengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengumpulkan data secara langsung dari responden menggunakan kuesioner dan item-item dari kuesioner yang berhubungan langsung dengan skala perilaku atau pendapat seseorang. Jumlah responden terdiri dari 120 orang yang merupakan konsumen Minumin Kota Bengkulu. Penggumpulan data menggunakan kuesioner dengan bantuan digital yaitu google form. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dengan uji F, uji t dan Uji Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,114 lebih besar dari ttabel 1,658 dan nilai signifikan 0,002 lebih kecil dari 0,05. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 3,750 lebih besar dari ttabel 1,658 dan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05. Lokasi juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 2,006 lebih besar dari ttabel 1,658 dan nilai signifikan 0,047 lebih kecil dari 0,05. Selain itu variasi produk, harga dan lokasi juga berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu dengan nilai fhitung 29,108 lebih besar dari ftabel 2,68 dan nilai signifikan 0,001 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapat beberapa kesimpulan. Kesimpulan pertama yaitu variasi produk, harga dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu. Kesimpulan kedua adalah variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu. Kesimpulan ketiga adalah harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu. Kesimpulan keempat adalah variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minumin Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:35
Last Modified: 22 Jan 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17424

Actions (login required)

View Item View Item