PERANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Layantara, Esther and Budiyono , Budiyono and Kahar , Hakim (2011) PERANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Esther Layantara FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (841kB)

Abstract

Skripsi berjudul: “Peranan Administrasi Perkantoran Dalam Optimalisasi Pelayanan Publik Pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Tengah”. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan menganalisa peranan administrasi perkantoran dalam optimalisasi pelayanan publik pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Tengah. Untuk menjawab permasalahan dilakukan dengan menggunakan observasi, kuisioner, dan wawancara mendalam serta buku-buku yang berkaitan dengan judul, serta menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini 60 orang Pegawai Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peranan Administrasi Perkantoran Pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Tengah sudah terlaksana dengan cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dengan proses pelayanan administrasi surat menyurat seperti pelayanan surat masuk dan pelayanan surat keluar dengan mekanisme berjalan cepat dan tertib yang mengikuti alur dan prosedur yang telah di tetapkan. Yang menjadi indikatornya adalah menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, menyimpan. Adapun mengenai pelayanan publik pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkulu Tengah juga terlaksana dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari sistem pelayanan berjalan dengan baik, pengelolaan mutu pelayanan berawal dari waktu tunggu, waktu proses dan waktu penyelesaian dan semakin meningkatnya pelaksanaan administrasi perkantoran dalam menjalankan roda organisasi maka akan semakin optimal pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 19 Nov 2013 23:08
Last Modified: 19 Nov 2013 23:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item