STRATEGI KOMUNIKASI DALAM LAYANAN PURNA JUAL (Studi Deskriptif Kualitatif Maintenance Reminder Appointment di Agung Toyota Bengkulu)

MULYADI, ANNISA SABILIDINA and Lisa, Adhrianti and Verani, Indiarma (2019) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM LAYANAN PURNA JUAL (Studi Deskriptif Kualitatif Maintenance Reminder Appointment di Agung Toyota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini guna mengetahui strategi komunikasi yang digunakan karyawan MRA dalam layanan purna jual dan mengetahui strategi komunikasi pada saat menghubungi pelanggan untuk melakukan servis berkala secara rutin di bengkel Agung Toyota Bengkulu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu AIDA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teknik purposive sampling di dalam pengumpulan data. Terdapat tiga informan yang dijadikan narasumber,yaitu 2 Informan kunci dan 1 Informan pokok. Hasil yang ditemukan dilapangan menunjukkan bahwa Maintenance Reminder Appointment (MRA) dalam layanan purna jual di Agung Toyota Bengkulu mempunyai strategi komunikasi yaitu; 1) mengingatkan servis berkala, 2) membuatkan service booking, 3) mengkonfirmasi ulang pelanggan. Strategi yang digunakan MRA dalam menghubungi pelanggan yaitu dengan cara; 1) mengucapkan sambutan dan meminta waktu pelanggan, 2)mengkonfirmasikan data pelanggan, 3) menginformasikan bahwa kendaraan pelanggan memasuki waktu untuk melakukan servis berkala, 4) menginformasikan kepada pelanggan ketentuan yang harus diservis, 5)menginformasikan waktu dan biaya servis berkala, 6) menginformasikan mengenai manfaat dan keuntungan melakukan servis berkala di bengkel Toyota, 7)menginformasikan promo-promo yang sedang berlaku, 8) membuatkan servicebooking, 9) mengingatkan kembali bahwa pelanggan akan melakukan servis, 10)memastikan pelanggan tidak membatalkan service booking.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 22 Jan 2019 05:48
Last Modified: 22 Jan 2019 05:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17433

Actions (login required)

View Item View Item