STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA RINDU HATI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADes) (Studi Kasus Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah)

Purnama, Iesti Puspasari and Djonet, Santoso and Jatmiko, Yogopriyatno (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA RINDU HATI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADes) (Studi Kasus Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_IESTI PUSPASARI PURNAMA_D1D017087.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan desa wisata yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Rindu Hati dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan tektik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini teknik pemilihan informan juga ditentukan berdasarkan informan kunci yaitu Kepala Desa Rindu Hati, informan utama yaitu pengurus Desa Wisata Rindu Hati, serta informan pendukung yaitu wisatawan Desa Wisata Rindu Hati. Pada penelitian ini, Aspek penelitian diadopsi dari Yoeti, Oka. A yaitu wisatawan (tourist), transportasi, atraksi/objek wisata, fasilitas pelayanan, serta informasi dan promosi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada aspek pertama telah dilakukan dengan cara memahami karakteristik wisatawan, memahami apa yang disukai oleh para wisatawan, dan mengamati hari apa saja wisatawan ramai berkunjung. Pada aspek kedua telah dilakukan dengan adanya penyediaan fasilitas trasportasi lokal guna membantu kegiatan Tubing. Aspek ketiga dilakukan dengan menyediakan apa yang dapat dilihat, apa yang dapat dibeli dan adanya penyediaan produk unggulan yaitu Kopi Petik Merah. Pada aspek keempat dilakukan dengan cara menyediakan fasilitas-fasilitas sarana maupun prasarana sebagai pelengkap dari kegiatan yang ada di Desa Wisata Rindu Hati. Dan pada aspek kelima telah dilakukan dengan cara melakukan promosi melalui media sosial, dimana pada media promosinya berisikan informasi mengenai Desa Wisata Rindu Hati. Dari kelima strategi yang telah dilaksanakan ataupun dijalankan, Desa Wisata Rindu Hati ini telah berhasil menarik perhatian para wisatawan dari berbagai daerah dan dengan adanya pengembangan Desa Wisata Rindu Hati ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:01
Last Modified: 23 Jan 2024 07:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item View Item