PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KOMPETENSI PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) PROVINSI BENGKULU

Munendes, Indah and Titiek, Kartika and Nursanty, Nursanty (2021) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KOMPETENSI PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI INDAH MUNENDES.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Diklat merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki kemampuan kerja seseorang seperti pengetahuan, keterampilan hingga sikap kerja dalam menunjang pelaksanaan tugas dalam jabatannya. Sedangkan kompetensi merupakan karakteristik dasar yang dimiliki oleh seseorang berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap, sehingga karakteristik dasar inilah yang kemudian dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hubungan antara pelaksanaan Diklat terhadap kompetensi pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini yaitu pegawai BKD Provinsi Bengkulu yang pernah mengikuti Diklat Teknis pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif untuk memberikan gambaran terhadap masalah penelitian. Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa Diklat dan kompetensi pegawai memiliki hubungan yang positif dan signifikan, ditunjukkan dengan hasil nilai r hitung > r tabel yaitu 0,720 > 0,349, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Diklat dengan kompetensi pegawai. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment mendapatkan nilai r hitung sebesar 0,720 yang termasuk dalam tingkatan hubungan yang “kuat”, hal ini berarti bahwa variabel Diklat (X) mempunyai pengaruh yang kuat dan positif terhadap perkembangan variabel kompetensi (Y), sehingga semakin sering seorang pegawai mengikuti Diklat, maka kompetensi pegawai tersebut akan mengingkat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:22
Last Modified: 23 Jan 2024 07:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17446

Actions (login required)

View Item View Item