ANALISIS OPTIMALISASIPENERIMAANPAJAK KENDARAANBERMOTORPADABADANPENGELOLAAN KEUANGANDAERAHPROVINSIBENGKULU

Sandra, Ferdian and Hutapia, Novita and Handoko, Handiyanto (2024) ANALISIS OPTIMALISASIPENERIMAANPAJAK KENDARAANBERMOTORPADABADANPENGELOLAAN KEUANGANDAERAHPROVINSIBENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pajak idaerah imerupakan isalah isatu isumber ipendapatan ipemerintah idaerah. Pemerintah iakan iterus iberupaya iuntuk imeningkatkan iPendapatan iAsli iDaerah (PAD) idengan imemaksimalkan ipajak idaerah. Terjadi penurunan persentase pertumbuhan penerimaan dari tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019, dimana pada tahun 2020 terjadi penurunan sebesar-12,83%. Hal ini disebabkan masih banyaknya penunggak pajak sehingga mengakibatkan belum maksimalnya pendapatan yang didapatkan daerah dari komponen pajak kendaraan bermotor, selain itu adanya pandemi Covid-19 juga mempengaruhi perekonomian masyarakat untuk kesadara membayar pajak sehingga diperlukan upaya optimalisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor. Pajak iKendaraan iBermotor i(PKB) imerupakan isalah isatu isumber ipendapatan daerah iyang ikompeten, idimana imemberikan ikontribusi iyang itinggi ikepada daerah iditambah isemakin imeningkatnya ivolume ikendaraan ibermotor khususnya iyang iada idi iProvinsi iBengkulu. iSalah isatu isumber ikebutuhan masyarakat iyang isangat ipenting iyaitu isarana itransportasi ikarena imerupakan penunjuang iaktivitas isehari-hari. iTidak idapat idipungkiri iselama isarana transportasi imerupakan isalah isatu ifaktor ipenting idalam imenjalankan iroda perekonomian. iUntuk iProvinsi iBengkulu isendiri, isalah isatu ipajak iyang sangat iberpotensi imemberikan ipenerimaan ibagi iPemerintah iProvinsi Bengkulu, iyaitu iPajak iKendaraan iBermotor. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui potensi pajak kendaraan bermotor di Provinsi Bengkulu, (2) Mengetahui kendala-kendala dalam pemungutan pajak kendaraan bermotor dan (3) Mengetahui upaya untuk mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan 210 orang responden. Berdasarkan hasil observasi peneliti di lapangan didapatkan bahwa nilai rerata upaya intensifikasi pemungutan pajak kendaraan bemotor sebesar 4,16 (baik) dan nilai rerata upaya ekstensifikasi pemungutan pajak kendaraan bermotor sebesar 4,19 (baik). Adapun rasio efektifitas optimalisasi penerimaan pajak kendaraan bemotor sebesar 105,99% (sangat efektif) dan rasio efesiensi optimalisasi penerimaan pajak kendaraan bemotor sebesar 0,98% (sangat efisien). Dari hasil penelitian maka disarankan untuk dioptimalkan potensi penerimaan pajak secara signifikan melalui berbagai inovasi dan juga peraturan penghapusan denda pajak dan pembentukan satgas optimalisasi pemungutan pajak kendaraan bermotor. Serta perlu dilakukan peningkatan sosialisasi melalui berbagai media cetak elektronik dan media sosial mengenai inovasi kemudahan pembayaran pajak dan lokasi-lokasi bisa dilakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Kata Kunci : Optimalisasi, Pajak Kendaraan Bermotor, Inovasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:31
Last Modified: 02 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17449

Actions (login required)

View Item View Item