FOLLOW FOR FOLLOW: MARKETING ON INSTAGRAM (Studi kasus pada Toko Pakaian House Of Noya Bengkulu)

Amalisa Ogantri, Jesshica and Willy, Izharuddin and Lizar, Rusdi (2024) FOLLOW FOR FOLLOW: MARKETING ON INSTAGRAM (Studi kasus pada Toko Pakaian House Of Noya Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media sosial menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dan telah mengubah perilaku konsumen, penggunaan media sosial dan khususnya Instagram dari perspektif UMKM adalah fenomena baru. Melalui Instagram, perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggannya dengan cara mendukung mereka (yaitu mengikuti mereka dan menyukai serta mengomentari postingan mereka) dan mendapatkan tanggapan berupa menerima dukungan sebagai balasannya. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini ada 3 yaitu Bagaimana praktik like, comment, dan following yang dilakukan selama ini oleh pelaku usaha Toko Pakaian House of Noya Bengkulu? Apakah aktivitas praktik like, comment, dan following dapat meningkatkan aktivitas praktik follower di akun instagram? Manfaat seperti apa yang didapat oleh pelaku usaha Toko Pakaian House of Noya Bengkulu setelah melakukan praktik like, comment, dan following di instagram? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mengukur Following calon pelanggan dan Like serta Comment postingan calon pelanggan di Instagram dalam menciptakan dan meningkatkan kesadaran terhadap adanya Toko Pakaian House of Noya Bengkulu. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif, penelitian ini diambil dari data primer dengan melakukan observasi dan wawancara. Observasi dilaksanakan dengan pengamatan langsung terhadap objek yaitu Toko Pakaian House of Noya Bengkulu untuk mengamati bagaimana perkembangan antara Like, Comment dan Following selama 30 hari (2 November – 1 Desember 2022) dengan menerapkan Like, Comment dan Following di instagram Toko Pakaian House Of Noya Bengkulu. Setiap hari selama 30 hari praktik ini, House of Noya akan melakukan praktik following sebanyak 100 akun dan melakukan praktik like dan comment sebanyak 20 postingan dari akun yang telah diikuti. Selanjutnya, peneliti akan melakukan wawancara kepada pemilik akun instagram Toko Pakaian House of Noya Bengkulu dan penulis juga akan melakukan wawancara kepada 8 orang followers yang mengikuti akun instagram Toko Pakaian House of Noya Bengkulu yang akan di pilih dengan secara acak.Pertama, setelah dilakukan penelitian ini pelaku usaha baru melakukan praktik follow for follow, dan diiringi juga dengan melakukan praktik like dan comment lalu melihat bagaimana perkembangan insight instagram yang memperlihatkan viii hasil viewer story, jumlah kunjungan, jumlah followers dan lain sebagainya yang dibutuhkan untuk melihat pelanggan potensial bagi Toko Pakaian House of Noya Bengkulu. Kedua, penelitian bertujuan untuk melihat dan menguji apakah praktik follow, like dan comment dapat meningkatkan jumlah followers dan ketiga, yaitu bertujuan untuk melihat apakah manfaat dari praktik yang dilakukan tersebut. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa paktik tersebut memang benar dapat meningkatkan followers, meningkatnya interaksi antara pengguna dan followers seperti saling membalas komen dan menyukai postingan atau feed akun instagram yang dikelola oleh Toko Pakaian House of Noya Kota Bengkulu, kemudian penggunaan istagram mempunyai manfaat bagi pelaku usaha terutama untuk Toko Pakaian House of Noya Kota Bengkulu dalam memperkenalkan dan pemasaran produk mereka, selanjutnya juga membuat interaksi antara pelaku usaha dengan calon konsumen menjadi lebih terikat karena melakukan interaksi secara personal untuk pemanfaatan media sosial instagram dalam pemasaraan produk milik pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:33
Last Modified: 02 Feb 2024 08:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item