PENGARUH FASHION INVOLVEMENT DAN SHOPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN SIKAP HEDONIC SEBAGAI INTERVENING PADA KONSUMEN MUDA DI KOTA BENGKULU

Cahyani, Meitria Dwi and Muhartini, Izharuddin and Sular, Rusdi (2024) PENGARUH FASHION INVOLVEMENT DAN SHOPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING DENGAN SIKAP HEDONIC SEBAGAI INTERVENING PADA KONSUMEN MUDA DI KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Meitria Dwi Cahyani (1) - Meitria Dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Implusive buying pada bidang fashion merupakan keputusan atau suatu kemauan untuk melakukan sesuatu yang disukainya dalam bidang fashion. Impulsive buying sebagai suatu rencana yang dibuat oleh seseorang untuk membeli barang atau jasa di masa mendatang. Dengan kata lain, seseorang dapat merefleksikan pembeliannya terhadap produk atau jasa yang sudah direncanakan pada merek tertentu. Industri fashion memiliki perkembangan mode yang lebih cepat dibandingkan dengan industri lainnya. Hal ini karena fashion dipengaruhi oleh trend dan gaya hidup (life style) yang berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan trend dan life style konsumen tersebut, terutama dimiliki oleh generasi millineal atau disebut dengan generasi milenial (konsumen muda). Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena untuk menjelaskan hubungan antara shoping lifestyle dan fashion involvement terhadap sikap hedonis dan prilaku pembelian impulsif konsumen Penelitian ini menggunakan teori TPB (Theory of Planned Behavior) dari Ajzen (2005) yang mengkaitkan faktor product placement dan brand image terhadap repurchase intention. Sementara itu, untuk keterkaitan variabel dalam dunia fashion, keinginan konsumen untuk menggunakan atau mengadopsi fashion baru, didorong oleh faktor inovasi, fashion involvement dan nilai sosial (social values). Noh et al., (2014); Won dan Kim (2020); dan Sihartin dan Listyorini (2021) memberi bukti bahwa shoping lifestyle, fashion involvement dan hedonic shoping motivation memiliki pengaruh pada perilaku pembelian konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden menggunakan teknik penyebaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:33
Last Modified: 02 Feb 2024 08:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item View Item