PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI UNIVERSITAS BENGKULU

Parlindungan Tampubolon, Anggiat and Novitasari, Novitasari and Siti, Widodo (2024) PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi anggiat.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perilaku kecurangan akademik berbagai macam cara yang dilakukan dengan unsur kesengajaan untuk melakukan kecurangan yang berasal dari perbuatan tidak jujur sehingga menyebabkan perbedaan pemahaman dalam menilai maupun menginterpretasikan sesuatu.. Penelitian ini menggunakan teori fraud diamond. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh faktor-faktor dalam fraud diamond(tekanan akademik, kesempatan melakukan kecurangan, rasionalisasi dan kapabiltas)terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi Universitas Bengkulu angkatan 2017 sebanyak 145 mahasiswa. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus slovin dan didapat sampel sebanyak 106 mahasiswa. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perilaku kecurangan akademik dan varabel independennya adalah tekanan akademik, kesempatan melakukan kecurangan, rasionalisasi kecurangan dan kapabilitas. Teknik pengumpulan data survei dilakukan dengan menyerbarkan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan akademik berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik, kesempatan melakukan kecurangan berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik, rasionalisasi kecurangan berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik dan kapabilitas berpengaruh tidak pSaran yang dapat bagi Jurusuan Akuntansi dan dosen adalah: 1) menciptakan kondisi yang tidak banyak menuntut dan memberikan mahasiswa, 2) Memperkecil kesempatan dengan cara melarang penggunaan telepon gengam pada saat ujian, melakukan pengaturan posisi duduk pada saat ujian dan melakukan pemasangan CCTV 3) Memperkecil rasionalisasi dengan cara menyamakan persepsi mengenai kecurangan akademik antara mahasiswa dan dosen.positif terhadap perilaku kecurangan akademik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:39
Last Modified: 05 Feb 2024 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17466

Actions (login required)

View Item View Item