PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP STOCK PRICE CRASH RISK DENGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020)

Relvin Winaldi, Muhammad and Husaini, Novitasari and Lismawati, Widodo (2024) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP STOCK PRICE CRASH RISK DENGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MUHAMMAD RELVIN ( C1C017062).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh penghindaran pajak terhadap stock price crash risk dengan kemampuan manajerial sebagai variabel moderasi. Stock price crash risk diukur dengan menggunakan rumus Negatif Conditional Skewness. Penghindaran pajak dalam penelitian ini diukur dengan cash effective tax rate. Kemampuan manajerial diukur dengan menggunakan rumus Maxϴ. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi logistik dengan program SPSS versi 26. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020 yang terdiri dari 190 perusahaan dengan 950 observasi. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 49 perusahaan dengan 245 observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghindaran pajak berpengaruh positif terhadap stock price crash risk, tetapi untuk variabel moderasi yaitu, kemampuan manajerial tidak dapat memperlemah hubangan antara penghindaran pajak terhadap stock price crash risk. Implikasi penelitian ini memberikan informasi bahwa penelitian ini mengkonfirmasi teori keagenan yang menyebutkan adanya perbedaan kepentingan antara prinsipal dan agen pada satu aktivitas yang sama. Dengan terus menerus melakukan penghindaran pajak, maka bukan tidak mungkin akan memicu perbuatan opportunistik manajer untuk menstransfer kekayaan perusahaan ke diri sendiri dengan berdalih melakukan penghindaran pajak sehingga mengakibatkan terjadinya stock price crash. Kemudian penelitian ini memberikan tambahan bukti empiris pada literature akuntansi khususnya di bidang perpajakan dan resiko kejatuhan harga saham (stock price crash risk) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2020 dan memperkuat hasil penelitian terdahulu khususnya untuk praktik penghindaran pajak yang dilakukan manajemen secara terus menerus akan membrikan dampak resiko kejatuhan harga saham yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengetahuan tambahan di bidang akuntansi, perpajakan, dan resiko kejatuhan harga saham untuk menjadi pedoman bagi penelitian selanjutnya. Bagi perusahaan dan pengguna laporan keuangan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada perusahaan dan pengguna laporan keuangan tentang kebijakan kebijakan yang diambil oleh pihak manajemen terkait praktik penghindaran pajak dan resiko kejatuhan harga saham dalam pengambilan keputusan dalam hal penghindaran pajak. Kemudian untuk variabel moderasi tidak dapat

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:17
Last Modified: 05 Feb 2024 04:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17474

Actions (login required)

View Item View Item