IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 18 TAHUN 2016 TENTANG PENATAAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (STUDI PADA DINAS KESEHATAN)

HASANUDDIN, HASANUDDIN and Djonet Santoso, Djonet Santoso and Alex Abdu Chalik, Alex Abdu Chalik (2018) IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 18 TAHUN 2016 TENTANG PENATAAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH DI PROVINSI BENGKULU (STUDI PADA DINAS KESEHATAN). Masters thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive
TESIS OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang penataan organisasi perangkat daerah di Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data interaktif yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini difokuskan pada implementasi PP Nomor 18 Tahun 2016 dengan dua aspek penelitian yaitu tahap persiapan dan penyiapan, dan tahap pelaksanaan. Indikator penilaian pada tahap persiapan dan penyiapan antara lain struktur staf (tugas pokok, dan fungsi), sumber daya, prosedur pelaksanaan, penetapan program dan tujuannya, penentuan standar pelaksanaan, dan penentuan sumber daya keuangan, sedangkan indikator untuk tahap pelaksanaan antara lain penetapan waktu, pemantauan, dan pengawasan. Sumber informan pada penelitian ini adalah 5 orang (4 PNS pada Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu yang tugasnya berkaitan dengan pelaksanaan Peraturan Pemerintah, yaitu Biro Organisasi dan 1 informan lainnya adalah Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PP Nomor 18 Tahun 2016 dalam penataan OPD di Provinsi Bengkulu sudah dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, yang dapat dilihat dari dua tahap tersebut, yaitu tahap persiapan dan penyiapan, dan tahap pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Ilmu Admiinistrasi
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:05
Last Modified: 25 Feb 2019 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17476

Actions (login required)

View Item View Item