PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, SKALA USAHA, LAMA USAHA TERHADAP KEBERHASILAN UMKM (STUDI PADA MAHASISWA DAN ALUMNI UNIVERSITAS BENGKULU)

Fernando, Rico and Rini, Baihaqi and Lismawati, Saiful (2024) PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, SKALA USAHA, LAMA USAHA TERHADAP KEBERHASILAN UMKM (STUDI PADA MAHASISWA DAN ALUMNI UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RICO FERNANDO_C1C017124.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empirirs Penggunaan Sistem informasi akuntansi, skala usaha dan lama usaha terhadap keberhasilan UMKM. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa dan alumni Universitas Bengkulu dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang mana sampel disesuaikan dengan kriteria – kriteria tertentu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa dan alumni Universitas Bengkulu dengan sampel sebanyak 60 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda melalui alat bantu SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem informasi akuntansi, skala usaha dan lama usaha berpengaruh positif terhadap keberhasilan UMKM mahasiswa dan alumni Universitas Bengkulu. Implikasi penelitian ini secara teori menunjukkan bahwa ketiga variabel dalam penelitian ini mendukung teori kegunaan keputusan. Secara praktis, bahwa hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan sebagai referensi dan tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan penggunaan sistem informasi akuntansi, skala usaha, lama usaha dan keberhasilan UMKM. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pemilik usaha mahasiswa dan alumni Universitas Bengkulu dalam meningkatkan keberhasilan usaha. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya mengandalkan data berdasarkan jawaban responden atas pertanyaan pada kuesioner, sehingga masih ada kemungkinan kelemahan kelemahan yang ditemui, seperti jawaban yang tidak serius, responden yang menjawab asal - asalan dan tidak jujur, tidak mencantumkan sistem informasi apa yang digunakan oleh pemilik usaha pada kuesioner. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mencari alternatif dalam mengumpulkan data penelitian sehingga data penelitian yang didapatkan lebih maksimal dan mencantumkan sistem informasi apa yang digunakan oleh pemilik usaha pada kuesioner penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:59
Last Modified: 05 Feb 2024 06:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17478

Actions (login required)

View Item View Item