EKSISTENSI IDENTITAS MELAYU PASCAREFORMASI (Studi Etnografi tentang Komunikasi Antaretnik Melayu dengan Pendatang di Pekanbaru Riau)

Alfarabi, Alfarabi (2019) EKSISTENSI IDENTITAS MELAYU PASCAREFORMASI (Studi Etnografi tentang Komunikasi Antaretnik Melayu dengan Pendatang di Pekanbaru Riau). Masters thesis, Universitas Padjajaran.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setelah sekian lama terpinggirkan di negerinya sendiri maka pada era pascareformasi Orang Melayu mulai bangkit untuk menunjukan eksistensi mereka di daerah Riau. Jalan yang diambil untuk menunjukan eksistensi tersebut dilakukan dengan merekonstruksi identitas. Bagaimana upaya Orang Melayu merekonstruksi identitas dan mensikapi komunikasi antaretnik dalam menunjukkan eksistensi adalah fokus dalam penelitian ini. Lokasi penelitian ini berada di Pekanbaru Riau dan dalam analisis peristiwanya dikonfirmasi dengan teori identitas, teori tindakan sosial dan teori konstruksi realitas sosial. Metode penelitian menggunakan etnografi dengan tehnik pengumpulan data utama adalah wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian mendapatkan temuan bahwa mendefinisikan ulang identitas etnik merupakan langkah yang diambil untuk mendapatkan daya tawar yang lebih baik bagi Orang Melayu Riau. Usaha ini merupakan strategi Orang Melayu Riau untuk meningkatkan citra positif identitas etniknya dan mendapatkan posisi sosial yang lebih strategis ketika berhadapan dengan pendatang. Untuk mencapai kedudukan sosial yang lebih baik tersebut maka Orang Melayu merekonstruksi identitasnya dengan cara melekatkan Melayu dengan Islam sebagai satu kesatuan dan klaim Orang Melayu sebagai anak negeri. Rekonstruksi identitas Orang Melayu pascareformasi pada akhirnya bermuara pada upaya reposisi kedudukan sosial-politik Orang Melayu yang lebih baik di tengah-tengah masyarakat Riau. Rekonstruksi tersebut pada akhirnya menjadi sumber makna dan visi bagi Orang Melayu Riau untuk bersatu menuntut hak-hak mereka dan mencapai cita-cita Melayu yang jaya dalam kehidupan masyarakat yang agamis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 161 Septi Septi
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:11
Last Modified: 25 Mar 2019 03:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item View Item