PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, MOTIVASI KERJA , KETAATAN PELAPORAN KEUANGAN DAN PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DIKECAMATAN TANJUNG AGUNG PALIK, KABUPATEN BENGKULU UTARA

Maryel, Yola and Husaini, Usman and Abdullah, Abdullah (2024) PENGARUH KOMPETENSI APARATUR DESA, MOTIVASI KERJA , KETAATAN PELAPORAN KEUANGAN DAN PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DIKECAMATAN TANJUNG AGUNG PALIK, KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YOLA MARYEL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI YOLA MARYEL.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur desa, motivasi, ketaatan pelaporan keuangan dan pengawasan BPD terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa di Kecamatan Tanjung Agung Palik Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini diuji dengan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS. Sampel dalam penelitian ini yaitu kepala desa, sekretaris desa, dan bendahara desa karena peran perangkat desa, kepala desa, sekretaris dan bendahara merupakan motivator, fasilitator, dan mobilisator untuk meningkatkan pembangunan desa, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini, terdapat beberapa kesimpulan sebagai berikut:1) Kompetensi aparatur desa berpengaruh signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa. 2) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa. 3) Ketaatan pelaporan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa.4) Pengawasan badan permusyawaratan desa berpengaruh signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan bukti bahwa kompetensi aparatur desa, motivasi kerja dan pengawasan badan permusyawaratan desa berpengaruh signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa. Namun tidak terbukti bahwa ketaatan pelaporan keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa. Hal tersebut menggambarkan bahwa tercapainya kinerja pengelolaan keuangan desa yang baik sangat diperlukan adanya ketiga faktor tersebut. Sesuai hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada pemerintah desa khususnya, pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk mengambil langkah strategis dalam rangka perbaikan kinerja pengelolaan keuangan desa. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah Jangkauan penelitian yang relatif kecil (10 Desa), tidak digunakannya metode wawancara sehingga hasil penelitian tidak dapat dikonfirmasi dan dijelaskan lebih detail serta variabel penelitian yang relatif sedikit. Sampel penelitian ini dilakukan dalam lingkup satu wilayah kabupaten namun hanya diambil beberapa desa sebagai objek penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:31
Last Modified: 05 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item