PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, BELANJA KESEHATAN DAN BELANJA PERUMAHAN DAN FASILITAS UMUM TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BENGKULU

Dharmawan, Bobic and Aris, Usman and Roosemarina, Abdullah (2024) PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, BELANJA KESEHATAN DAN BELANJA PERUMAHAN DAN FASILITAS UMUM TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Bobic Dharmawan (C1A015047).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Bobic Dharmawan (C1A015047).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan didalam pegertiannya yaitu suatu perubahan multidimensi dimana di dalamnya mencakup proses yang merubah struktur sosial, kelembagaan nasional, mempercepat perturnbuhan ekonomi, pendapatan yang merata, dan pengurangan kemiskinan yang semua memiliki tujuan untuk merubah kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik (Todaro,2000). Indeks Pembangunan Manusia Menunjukkan pembangunan manusia tidak hannya wujud pendapatan yang tinggi, akan tetapi termasuk kesehatan dan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Belanja Pendidikan, Belanja Kesehatan dan Belanja Perumahan dan Fasilitas Umum pada tahun sebelumnya terhadap Indeks Pembangunan Manusia pada Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Data penelitian merupakan data sekunder bersumber dari website Kemenkeu dan BPS dalam kurun waktu 2011-2020 sehingga berbentuk data panel. Metode yang digunakan regresi data panel. Hasil estmasi dalam regresi data panel pengaruh Belanja Pendidikan, Belanja Kesehatan dan Belanja Perumahan dan Fasilitas Umum pada tahun sebelumnya. Dimana model terbaik yang dipilih merupakan Fixed Effect Model (FEM), setelah dilakukan uji F diketahui bahwa dimana secara bersama-sama variable bebasnya memiliki pengaruh signifikan terhadap Indeks pembangunan manusia, selanjutnya dilakukan uji t dimana untuk belanja kesehatan serta belanja perumahan dan fasilitas umum pada tahun sebelumnya berpengaruh signifikan dan positif sedangkan belanja pendidikan pada tahun sebelumnya berpengaruh signifikan dan negatif terhadap indeks pembangunan manusia, dan yang terakhir yaitu pengujian R2 diketahui bahwa nilai R-squared pada model sebesar 0,960590 atau variabel bebasnya dapat menjelaskan 96,06% terhadap variable bebasnya yaitu indeks pembangunan manusia sedangkan sisanya 3,94% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Alokasi belanja pemerintah perlu dievaluasi kembali agar program-program pemerintah yang lebih menyentuh bagi masyarakat luas sehingga peningkatan kualitas hidup masyarakat yang dicerminkan oleh peningkatan IPM dengan indeks komponen pembentuk IPM dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:37
Last Modified: 05 Feb 2024 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17487

Actions (login required)

View Item View Item