PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN SELEBAR

Fitaloka, Diah and Lela, Rospida and Retno, Agustina Ekaputri (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP RUMAH TANGGA MISKIN DI KECAMATAN SELEBAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DIAH FITALOKA C1A017061_compressed (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Saat ini Indonesia masih menjadi salah satu Negara yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi. Indonesia juga menjadi salah satu Negara yang tingkat kemiskinan pada setiap tahunnya terus bertambah. Di Indonesia terdapat 34 provinsi dengan 403 kabupaten dan 98 kota, mempunyai sekitar 260 jiwa penduduk (BPS 2010). Banyaknya penduduk miskin yang memiliki kualitas hidup yang rendah mengakibatkan rendah juga tingkat pendidikan dan tingkat kesehatannya, sehingga hal ini dapat mempengaruhi produktivitas. Pemerintah meluncurkan program khusus yang diberi nama Program Keluarga Harapan (PKH). Menurut Dirjen Bantuan dan Jaminan Sosial (Depsos, 2010) PKH dirancang untuk membantu penduduk miskin kluster terbawah berupa bantuan bersyarat. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat penerima terhadap adanya Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kualitas hidup rumah tangga miskin di Kecamatan Selebar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, terhadap sesuatu yang diukur dengan skala lima poin. Fokus penelitian ini adalah mengetahui persepsi masyarkat terhadap Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat miskin dari bidang pendidikan dan kesehatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan responden masyarakat penerima Program Keluarga Harapan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata dari penelitian terhadap program PKH yang dilihat dari indikator pendidikan dan indikator kesehatan dalam meningkatkan kualitas hidup rumah tangga miskin memiliki skor rata-rata 3,8 (3,41-4,20) dalam kategori baik, hal ini berarti bahwa dengan adanya program PKH ini dapat meningkatkan kualitas hidup penerima program PKH. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disimpulkan, maka di ajukakan saran untuk Program Keluarga Harapan (PKH) dapat diberikan kepada keluarga yang benar-benar membutuhkan agar program PKH tepat sasaran kepada penerimanya dan masyarakat yang layak menerima Program Keluarga Harapan bisa merasakan kehidupan yang sejahterah. Kepada penerima Program Keluarga Harapan agar bisa membantu memberitahu pendamping yang mana penerima yang kehidupannya sudah layak tetapi masih menerima PKH dan masyarakat yang seharusnya menerima PKH tetapi tidak memerima PKH.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:01
Last Modified: 06 Feb 2024 07:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17489

Actions (login required)

View Item View Item