PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGANGGURAN, DAN JUMLAH PENDUDUK MISKIN TERHADAP ANGKA KRIMINALITAS (KEJAHATAN PROPERTI) DI PROVINSI BENGKULU

Maharani, Dwi and Antoni, Rospida and Retno, Agustina Ekaputri (2024) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGANGGURAN, DAN JUMLAH PENDUDUK MISKIN TERHADAP ANGKA KRIMINALITAS (KEJAHATAN PROPERTI) DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DWI MAHARANI C1A017051_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (925kB)
[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DWI MAHARANI C1A017051_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (925kB)

Abstract

Tindak kriminalitas salah satunya adalah kejahatan properti, yaitu kejahatan yang melibatkan properti pribadi yang antara lain mencakup kejahatan perampokan, pencurian, pencurian kendaraan bermotor, pemerasan, pembakaran, pengutilan dan perusakan. Penelitian ini menggunakan kejahatan properti karena jenis kejahatan ini penyebabnya lebih dimungkinkan oleh permasalahan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, pengangguran, dan jumlah penduduk miskin terhadap angka kriminalitas (kejahatan properti) di Provinsi Bengkulu. Data yang digunakan bersumber dari BPS dan Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Bengkulu yang mana data time series dari tahun 2017-2020 dan data cross section yaitu 10 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan, pengangguran, dan jumlah penduduk miskin secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap angka kriminalitas (kejahatan properti) di Provinsi Bengkulu. Secara parsial variabel tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap angka kejahatan properti. Variabel pengangguran dan jumlah penduduk miskin memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap angka kejahatan properti.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:09
Last Modified: 06 Feb 2024 07:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17490

Actions (login required)

View Item View Item