ANALISIS STRUKTUR EKONOMI DAN IDENTIFIKASI SEKTOR UNGGULAN DI KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARAN (Studi Pada Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang)

Septrianti, Lingga and Sunoto, Rospida and Hutapia, Hutapia (2024) ANALISIS STRUKTUR EKONOMI DAN IDENTIFIKASI SEKTOR UNGGULAN DI KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARAN (Studi Pada Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LINGGA NPM C1A017009_Revisi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan pembangunan di satu daerah sangat berkaitan dengan kualitas perencanaan pembangunan yang disusun oleh daerah tersebut. Perbedaan kondisi daerah akan membawa implikasi bahwa corak pembangunan yang diterapkan berbeda pula. Meniru pola kebijakan yang diterapkan dan berhasil di suatu daerah belum tentu memberikan manfaat yang sama bagi daerah lainnya. Perencanaan tidak lagi harus ditentukan dan diturunkan semata dari pembangunan nasional. Perbedaan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia antardaerah, serta perbedaan akses setiap daerah mengharuskan perencanaan regional tersendiri pula bagi daerah tersebut. Perencanaan nasional hanya diperlukan sebagai media kontrol terhadap kemungkinan terjadinya ketimpangan pembangunan dan terciptanya kesinambungan pembangunan antardaerah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi struktur ekonomi di kabupaten induk dan kabupaten pemekaran serta menganalisis sektor yang menjadi unggulan di kabupaten induk dan pemekaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu Tahun 2016-2020. Metode analisis data digunakan adalah analisis shiftshare klasik, analisis perubahan struktur Chenery dan Syrquin serta analisis Dynamic Location Quotion (DLQ). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Dari kondisi struktur ekonomi di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong, diketahui bahwa telah terjadi pergeseran yang cukup signifikan dari sektor primer ke sektor jasa, sektor utilitas dan sektor sekunder dan (2) Dari hasil analisis penentuan sektor unggulan, diketahui bahwa di Kabupaten Rejang Lebong (Induk) terdapat 3 sektor unggulan, sedangkan di Kabupaten Kepahiang terdapat 7 sektor unggulan dan pada Kabupaten Lebong terdapat 7 sektor unggulan. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan sektor unggulan, terutama di kabupaten pemekaran (Kepahiang dan Lebong), di mana ada sektor unggulan di Kabupaten Kepahiang yang tidak dimiliki oleh Kabupaten Lebong, yakni Sektor Pertambangan dan Penggalian. Sebaliknya, ada sektor unggulan di Kabupaten Lebong yakni Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan namun tidak ada pada Kabupaten Rejang Lebong maupun Kabupaten Kepahiang. Dari hasil analisis data dan pembahasan, beberapa saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) Pemerintah daerah (Rejang Lebong, Lebong

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:36
Last Modified: 06 Feb 2024 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item View Item