ANALISIS PERILAKU BELANJA MAHASISWA PADA ONLINE MARKETPLACE (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU)

Ghafridan Aditama, Muhammad and Handoko, Rospida and Purmini, Agustina Ekaputri (2024) ANALISIS PERILAKU BELANJA MAHASISWA PADA ONLINE MARKETPLACE (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI M GHAFRIDAN ADITAMA C1A017038_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pada era perkembangan teknologi internet, penggunaan online marketplace menjadi hal yang tak terhindarkan oleh masyarakat tak terkecuali masyarakat di kota Bengkulu. Golongan yang cukup sering menggunakan layanan ini ialah mahasiswa karena kegiatannya yang tidak jauh dari penggunaan gadget dan berpotensi menyebabkan mereka menjadi konsumen yang irasional karena berbelanja dengan motif hedonik. Sebagai alat transaksi jual beli yang baru online marketplace memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu peneliti ingin melihat perilaku mahasiswa yang menyebabkan adanya keinginan untuk menggunakan layanan ini. Dalam hal ini ialah mahasiswa universitas Bengkulu. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa aktif universitas Bengkulu yang pernah menggunakan layanan online marketplace. Penentuan jumlah sampel menggunakan Teknik quota sampling yaitu dengan mengambil 1% dari jumlah mahasiswa tiap fakultas sehingga didapat total 181 sampel. Metode pengumpulan data dengan menggunakan alat kuisioner yang diukur menggunakan skala likert 4 poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belanja mahasiswa pada online marketplace sangat dipengaruhi oleh indikator norma subjektif dan control belief. Perilaku mereka dalam berbelanja diakibatkan oleh ajakan atau preferensi dari orang lain sehingga perilaku belanja mereka dapat dikatakan irasional. Dalam berbelanja, mereka juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor yang sangat mempengaruhi ialah pendapatan dan harga. Sedangkan faktor yang cukup mempengaruhi ialah tingkat kepercayaan, kualitas informasi, dan resiko. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi mahasiswa pengguna online marketplace untuk dapat lebih bijak dalam berbelanja. Penyedia layanan online marketplace untuk sering menawarkan promo/diskon menarik, meningkatkan fitur keamanan dan kerahasiaan data pribadi, mengoptimalkan tampilan antarmuka aplikasi/web, serta meningkatkan keamanan dalam hal transaksi. Bagi pedagang yang berjualan menggunakan layanan online marketplace disarankan untuk meningkatkan kredibelitas sebagai penjual dengan menampilkan informasi yang akurat mengenai produk agar mendapatkan rating yang bagus bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:35
Last Modified: 15 Feb 2024 02:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17496

Actions (login required)

View Item View Item