PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN P2 (PERDESAAN DAN PERKOTAAN) DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Sepbrina, Mutia and Jarto, Tarigan and Jatmiko, Yogopriyatno (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN P2 (PERDESAAN DAN PERKOTAAN) DI KECAMATAN ARGA MAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI MUTIA SEPBRINA D1D017055. fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penerimaan pajak merupakan sumber pendapatan nasional paling besar guna menyokong jalannya suatu pembangunan nasional maupun daerah. Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaaan (P2) menjadi sumber utama dari APBD yang nantinya dapat digunakan untuk pendanaan pembangunan daerah. Begitu pula dengan Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Namun, realisasi penerimaan PBB P2 di Kecamatan Arga Makmur masih jauh dari target yang telah ditetapkan oleh daerah. Selama 5 tahun belakang realisasi penerimaan PBB P2 Kecamatan Arga Makmur kurang dari angka 30 %. Pada tahun 2016, persentase realisasi penerimaan hanya sebesar 12,30%. Kemudian pada tahun 2020 sebesar 28,52% saja. Realisasi yang tidak optimal tersebut disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam kegiatan pemungutan PBB P2, sehingga menyebabkan partisipasi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Aspek penelitian diadopsi dari teori Keith Davis dalam Sastropoetro yakni Kontribusi dan Tanggungjawab. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam partisipasi masyarakat Kecamatan Arga Makmur dalam hal kontribusi pada proses pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (P2) belum sepenuhnya diberikan. hal ini dikarenakan proses pendataan , penyampaian SPPT dan sanksi atau denda administrasi tidak sesuai peraturan yang berlaku. Begitupula partisipasi masyarakat Kecamatan Arga Makmur belum sepenuhnya memiliki tanggungjawab dalam hal proses pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (P2). Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan dan hasil pendapatan masyakat yang kurang cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:14
Last Modified: 07 Feb 2024 03:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item