IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM REHAB RUMAH DI KECAMATAN SELUPU REJANG (Curup Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu )

ADETIYA, RAFIKA and Djonet, Santoso and Anita, Marianata (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM REHAB RUMAH DI KECAMATAN SELUPU REJANG (Curup Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RAFIKA ADETIYA D1D017005.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Persiapan, dimana sosialisasi yang dilakukan belum optimal dan proses pencairan dana tidak memiliki kepastian waktu yang tepat, pelaksanaan, penundaan perehapan rumah karena keterbatasan anggaran dan sumber daya kurang, dan pelaporan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengapa implementasi kebijakan program rehab rumah di Kecamatan Selupu Rejang belum berjalan dengan optimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yakni mendeskripsikan dan menyajikan hasil penelitian secara keseluruhan dan lengkap sesuai hasil penelitian. Aspek yang digunakan pada penelitian ini yaitu berpedoman pada teori implementasi keberhasilan menurut Donald Van Meter dan Charles O’Jones yaitu sumber daya, hubungan antar organisasi, dan penerapan. Hasil penelitian dilapangan didapat bahwa sumber daya manusia yang ada di dinas PUPR sangat terbatas. Akibatnya ketika memantau penerima rehap rumah tidak berjalan dengan efektif. Kedua, perangkat desa dan TFL tidak berkomunikasi dengan baik. Akibatnya banyak penerima program bantuan tidak memahami syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan. Dalam satu desa di Kecamatan Selupu Rejang banyak kepala keluarga yang kurang memahami konteks peraturan jadi jika hanya membaca tanpa dijelaskan tidak bisa memahami apalagi disini informasi yang diberikan hanya berdasarkan informasi yang diteruskan dari mulut ke mulut. Ketiga yaitu penerapan, yaitu peraturan atau kebijkan berupa petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis telah berjalan sesuai dengan ketentuan. Untuk dapat melihat ini harus pula dilengkapi dengan adanya prosedur kerja yang jelas, program kerja seta jadwal kegiatan. Jadi, dengan demikian implementasi kebijakan program rehab rumah belum berjalan optimal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:28
Last Modified: 07 Feb 2024 03:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item