ANALISIS INDUSTRI BISNIS JASA TRANSPORTASI ONLINE (RIDE SHARING GRAB DAN MAXIM) DI KOTA BENGKULU

Damayanti, Putria and Willy, Nasution and Trisna, Agustina Ekaputri (2024) ANALISIS INDUSTRI BISNIS JASA TRANSPORTASI ONLINE (RIDE SHARING GRAB DAN MAXIM) DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI PUTRIA DAMAYANTI C1B017031-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang secara pesat model transportasi konvensional yang memanfaatkan dengan sistem aplikasi berbasis internet menjadi alat transportasi yang dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan mobilitas manusia, dampaknya publik menjadi lebih mudah mendapatkan layanan transportasi bahkan dengan harga yang terjangkau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemenarikan industri online ride-sharing yaitu Grab dan Maxim di kota Bengkulu, untuk menganalisis pola persaingan dan kompetisi bisnis transportasi online (ride-sharing) dengan menggunakan model analisis swot, sehingga dapat melakukan inovasi dalam mengatasi persaingan bisnis yang terjadi saat ini. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan mengadakan wawancara dan hasil penyebaran kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT, matriks IFE dan EFE, EFAS, IFAS, dan matriks grand strategy. Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu kemenarikan daya Tarik industri dalam bisnis transportasi online ride sharing Grab dan maxim, dimana dilihat dari daya industri grab yang sudah dikategorikan menarik. Sedangkan dilihat dari daya tarik industri untuk industri bisnis transportasi online ride sharing maxim yang dapat dikategorikan cukup/sedang. Hasil analisis mengenai pola persaingan dan kompetisi bisnis transportasi online ride sharing, dengan menggunakan model analisis SWOT maka dapat dikatakan bahwa pola persaingan dan kompetisi bisnis transportasi online ride sharing yang sudah tergolong tinggi, dimana Grab dan Maxim memiliki kekuatan dan peluang yang lebih besar jika dibandingkan dengan kelemahan dan ancaman yang dihadapi dalam industri bisnis transportasi online ride sharing. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada kedua perusahaan ride sharing baik Grab dan Maxim, agar untuk dapat lebih meningkatkan kemenarikan daya tarik industri ride sharing yakni dengan memperbaiki mutu pelayanan guna dapat memberikan kepuasan kepada penumpang grab dan maxim. Disarankan kepada ride sharing grab dan maxim, sebaiknya menggunakan analisis SWOT dalam penentuan strategi yang cocok untuk yang dilakukan dalam meningkatkan keunggulan yang kompetitif dalam industri bisnis transportasi online ride sharing.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:35
Last Modified: 15 Feb 2024 02:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item View Item