PENGARUHMATERIALISMDANHEDONIC VALUE TERHADAPCOMPLUSIVE BUYINGPADAREMAJA PENGGUNA APLIKASI NETFLIX DI BENGKULU

Neni Sabrina, Witta and Lizar, Nasution and Effed, Agustina Ekaputri (2024) PENGARUHMATERIALISMDANHEDONIC VALUE TERHADAPCOMPLUSIVE BUYINGPADAREMAJA PENGGUNA APLIKASI NETFLIX DI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WITTA NENI SABRINA (MANAJEMEN).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (911kB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi semakin meningkat, salah satu hasil dari perkembangan teknologi adalah internet. Di era globalisasi saat sekarang ini sudah banyak orang yang mengakses internet untuk menggunakan layanan streaming film, musik, dan olahraga salah satu layanan streaming film yaitu Netflix. Pembelian kompulsif adalah suatu tindakan seseorang dalam mengambil keputusan untuk membeli barang bukan hanya karena kebutuhannya, melainkan juga demi memuaskan keinginannya yang dilakukan secara berlebihan, kronis, dan berulang-ulang sebagai bentuk mengurangi perasaan negatif (Edwards 1993). Hedonic value menekankan tentang subjektivitas dan pengalaman. Konsumen dapat bergantung terhadap suatu produk untuk memenuhi kebutuhan akan kebahagiaan, kepercayaan diri, fantasi, dan lain lain (Solomon, 2002). Materialism adalah salah satu trait kepribadian yang berkaitan dengan kepemilikan barang atau materi (Richins& Dawson, 1992). Tujuan penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) apakah Materialism berpengaruh terhadap Compulsive Buying (2) apakah Hedonic Value berpengaruh terhadap Compulsive Buying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu adanya pengujian hipotesis. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu snowball sampling. Dimana pengambilan sampel yang mengandalkan peserta penelitian dalam merekomendasikan sampel penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner online melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Netflix. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 104 responden. Pengujian data dilakukan dengan alat analisis SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Materialism memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Compulsive Buying, Hal ini memperlihatkan bahwa konsumen yang mempunyai tingkat materialisme yang tinggi akan berusaha untuk mendapatkan materi sebanyak-banyaknya dalam upayanya untuk memenuhi keinginan atau gaya hidup terkhususnya dalam berlangganan aplikasi Netflix, sehingga semakin tinggi sikap Materialism semakin meningkat juga sikap Compulsive Buying. Hedonic Value memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Compulsive Buying, Hal ini menunjukan pembeli hedonis memiliki kecenderungan tinggi untuk membeli secara kompulsif karena cenderung mengeluarkan uang ekstra untuk memenuhi keinginan belanja mereka dan pembeli dengan sikap hedonis lebih tinggi mudah tertarik oleh promosi dan iklan yang menarik mengakibatkan pembelian yang kompulsif, ini memperlihatkan bahwa konsumen yang mempunyai sikap Hedonic Value lebih mementingkan keinginannya untuk bersenang-senang dalam menggunakan aplikasi Netflix sehingga tidak dapat mengontrol dirinya. Penelitian ini berkontribusi pada literatur dalam pemasaran yaitu pada perusahaan khususnya Netflix untuk lebih memahami berbagai perilaku yang ditunjukan konsumen ketika sudah memiliki sifat materialism dan hedonic value. Karena hal ini tidak selalu memberikan keuntungan bagi perusahaan seperti terjadinya compulsive buying yang menyebabkan hilangnya konsumen secara perlahan. Maka perusahaan harus dapat mengantisipasi hal tersebut dengan menyusun strategi-strategi yang relevan dengan permasalahan ini. Penelitian selanjutnya dapat menambahkan pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh Materialism dan Hedonic Value terhadap Compulsive Buying.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:56
Last Modified: 07 Feb 2024 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17516

Actions (login required)

View Item View Item