PENGARUH BRAINSTORMING, INTEGRITAS, DAN PENERAPAN KODE ETIK TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR DALAM MENDETEKSI FRAUD ( Studi Pada BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu )

Wibisono, Wisnu and Lisa, Nasution and Irwansyah, Irwansyah (2024) PENGARUH BRAINSTORMING, INTEGRITAS, DAN PENERAPAN KODE ETIK TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR DALAM MENDETEKSI FRAUD ( Studi Pada BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI WISNU WIBISONO OK_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (983kB)

Abstract

Deteksi kecurangan yang dapat diungkapkan oleh auditor internal BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu hanya sekitar 18,5% dan untuk deteksi korupsi yang diketahui karena ada yang “membocorkan” (tips) sebesar 45,1% dan yang terungkap oleh auditor internal BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu secara langsung hanya sebesar 15,3% dengan persentase diatas masih tergolong rendah untuk peran auditor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu dalam melakukan pendeteksian tindak kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brainstorming, integritas, dan penerapan kode etik terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud pada BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu dengan menggunakan teori atribusi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor di BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu. Sampel penelitiannya adalah auditor di BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebar kuesioner online. Kuesioner berisi daftar pernyataan-pernyataan tertulis mengenai pengaruh brainstorming, integritas, dan penerapan kode etik terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud. Untuk menganalisis setiap variabel independen dan variabel dependen menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer SPSS Statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud, (2) Integritas berpengaruh terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud. (3) Penerapan Kode Etik berpengaruh terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi fraud. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan kualitas brainstorming agar lebih baik lagi dan meningkatkan integritas kepada auditor serta didukung dengan meningkatkan penerapan kode etik dengan harapan dapat meningkatkan keefektifan dan keefisiensi dalam proses pendeteksian fraud.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Akuntansi
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:35
Last Modified: 15 Feb 2024 02:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17518

Actions (login required)

View Item View Item