KUALITAS PELAYANAN PT. JASA RAHARJA (Persero) CABANG BENGKULU BERDASARKAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Falensia , Inda and Titiek , Kartika and Djonet , Santoso (2011) KUALITAS PELAYANAN PT. JASA RAHARJA (Persero) CABANG BENGKULU BERDASARKAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Skripsi Inda Falensia FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bengkulu berdasarkan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Aspek kualitas pelayanan yang diteliti mencakup: tangible, responsiveness, reliability, assurance, dan empathy yang dianalisis berdasarkan prinsip GCG yang meliputi: transparency, fairness, accountability, dan responsibility. Informan ditentukan secara purposive sebanyak 9 orang nasabah. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bengkulu adalah baik, namun belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip GCG, terutama pada aspek reliability, responsiveness dan empathy. Reliabilitas pelayanan tidak sesuai dengan prinsip accontability dan responsibility dalam hal pemberian santunan. Ketidakpatuhan terhadap UU no. 34 tahun 1964 karena UU tersebut tidak mengakomodir kebutuhan masyarakat yang mengalami tabrakan dua atau lebih kendaraan sebagai pihak yang dipersalahkan. Ketidakpatuhan terhadap kebijakan ex-gratia dalam hal jumlah santunan karena pertimbangan personal pegawai bersifat subjektif. Ketidaksesuaian aspek responsiveness dan empathy dikarenakan perusahaan kekurangan pegawai pada unit pelayanan (frontline).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 19 Nov 2013 23:28
Last Modified: 19 Nov 2013 23:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item