PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Aprisutiawan, Rozi and Rini, Syaiful and Nila, Aprila (2024) PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK (TAX AVOIDANCE) (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS ROZI APRISUTIAWAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh tata kelola perusahaan terhadap tax avoidance pada perusahaan pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menggunakan 35 sampel perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI dalam masa periode pengamatan 2016-2020. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik studi dokumentasi dengan pengumpulan data penelitian dari laporan keuangan yang telah dipublikasi oleh objek penelitian. Penelitian ini menggunakan 3 hipotesis. Analisis data pada penelitian ini dengan regresi linear berganda yang menggunakan SPSS 18.0 digunakan untuk menguji pengaruh mengenai pengaruh tata kelola perusahaan terhadap tax avoidance pada perusahaan pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemilikan institusional (INST) terbukti tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Hasil ini memberikan bukti bahwa kepemilikan saham mayoritas institusional tidak memengaruhi tindakan tax avoidance yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia; (2) Proporsi komisaris independent (KOMIND) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance. Hasil ini memberikan bukti bahwa semakin banyak proporsi komisaris independent akan mampu menurunkan tindakan tax avoidance yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesiadan (3) Komite audit (KA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tax avoidance. Hasil ini memberikan bukti bahwa semakin banyak komite audit dalam perusahaan, maka akan memengaruhi dan menurunkan tindakan tax avoidance yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Akuntansi
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:36
Last Modified: 15 Feb 2024 02:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item