Mulyani, Mulyani and Fahrudin, JS Pareke and Rina, Suthia Hayu (2024) PENGARUH WORK FROM HOME TERHADAP WORK LIFE BALANCE DAN DAMPAKNYA PADA KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU SELAMA PANDEMI COVID-19. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Tesis Mulyani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Menyebarnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di berbagai Negara termasuk di Indonesia telah banyak memberikan pengaruh pada beragam sektor kehidupan. Dampak penyebaran Covid-19 telah mendorong pemerintah untuk mengambil sejumlah kebijakan seperti social distancing, physical distancing, penerapan protocol kesehatan, Work from Home, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sejumlah kebijakan lainnya. Secara formal, Pemerintah Republik Indonesia segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 2 Tahun 2021 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 11 Tahun 2021 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2021 (Covid-19). Kebijakan ini disambut dengan baik bagi semua pihak sebagai salah satu langkah pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus covid-19, disusul dengan diliburkannya sekolah-sekolah dan kampus-kampus oleh pemerintah. Pembelajaran dilakukan secara daring mulai dari tangkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan dua surat edaran terkait pencegahan dan penanganan virus tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh Work from Home terhadap Work Life Balance guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu, Mengetahui dan menganalisis pengaruh Work from Home terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu dan Mengetahui dan menganalisis pengaruh Work Life Balance terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Penelitian dilakukan dalam konteks waktu pandemi Covid-19, sehingga fokus pembahasan penelitian dilakukan dalam perpektif masa pandemi Covid-19 sedang berlangsung. Penelitian menggunakan teori Job Resource-Demand (JD-R) dari Schaufeli & Bakker (2004). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif (survey). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah 169 orang guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu diambil dengan teknik area sampling dari Kecamatan Muara Bangkahulu dan Sungai Serut. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana. Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil bahwa: (1) Kebijakan work from home berpengaruh positif dan signifikan terhadap work life balance guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Hal ini berarti kebijakan work from home yang diterapkan saat pandemi Covid-19 semakin baik, maka guru sekolah dasar akan memiliki keseimbangan kehidupan-kerja (work life balance) yang tinggi; (2)Kebijakan work from home berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Hal ini berarti bahwa kebijakan work from home yang ditetapkan selama pandemi Covid-19 semakin baik, maka kinerja yang dihasilkan guru dalam melaksanakan tugas belajar-mengajar juga akan semakin tinggi, walaupun hal tersebut berlangsung selama pandemi Covid-19 dan (3) Keseimbangan kehidupan kerja (work life balance) guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Hal ini berari bahwa jika work life balance guru semakin baik, maka kinerja yang dihasilkan guru dalam melaksanakan tugas belajar-mengajar juga akan semakin tinggi, walaupun hal tersebut berlangsung selama pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat diberikan adalah: (1) Kebijakan work from home memerlukan dukungan sumber daya yang memadai, seperti fasilitas teknologi informasi, sehingga mendukung tujuan diselengarakannya kebijakan work from home. Saran ini sejalan dari pentingnya fasilitas teknologi informasi dalam melaksanakan kebijakan WFH, sebagaimana diharapkan oleh guru; (2) Kebijakan work from home memiliki dampak pada keseimbangan kehidupan-pekerjaan. Hal ini berarti work from home membuat kesimbangan kehidupan-kerja guru semakin baik. Oleh karena itu, kebijakan WFH hendaknya dilaksanakan lebih fleksibel, sehingga guru dapat menjalankan aktivitas kantor dan rumah selama melaksanakan WFH; dan (3) Kebijakan work from home dapat memengaruhi kinerja individu. Oleh karena itu, setiap guru harus memiliki pengaturan yang baik agar tidak terjadi benturan antara pekerjaan dan keluarga, karena hampir dilaksanakan secara bersamaan. Hal ini sebagai wujud strategi dalam memulai dan mengakhiri pembelajaran secara efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 02:36 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 02:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17533 |
Actions (login required)
View Item |