PENGARUH PENGETAHUAN PEJABAT PENATAUSAHAAN KEUANGAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Di Kota Bengkulu)

Utama Putra, Andrian and Abdullah, Santi and Fadli, Elita (2024) PENGARUH PENGETAHUAN PEJABAT PENATAUSAHAAN KEUANGAN, KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANDRIAN UTAMA PUTRA C1C01519_compressed (1)_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan pejabat penatausahaan keuangan, komitmen organisasi, dan sistem pengendalian internal pemerintah terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Populasi penelitian ini adalah seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Bengkulu yang berjumlah 42 OPD. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini didasarkan pada metode sensus, dimana semua populasi dijadikan sampel. Responden dalam penelitian ini yaitu Kepala Dinas/Kepala Badan (Pengguna Anggaran) dan Kasubag Keuangan (Pejabat Penatausahaan Keuangan). Data penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada Kepala Dinas, Badan/Camat, dan Kasubag Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pejabat penatausahaan keuangan, komitmen organisasi, dan sistem pengendalian internal pemerintah berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Implikasi penelitian bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Bengkulu dan penelitian selanjutny, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang dapat berkaitan dengan Pengetahuan Pejabat Penatausahaan keuangan, komitmen organisasi, sistem pengendalian internal pemerintah dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:20
Last Modified: 12 Feb 2024 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17540

Actions (login required)

View Item View Item