PENGARUH KINERJA PENGELOLA KEUANGAN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DENGAN VARIABEL MODERASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Bengkulu)

Novanda Resta, Syifa and Abdullah, Abdullah and Fadli, Fadli (2024) PENGARUH KINERJA PENGELOLA KEUANGAN TERHADAP KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN DENGAN VARIABEL MODERASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) (Studi Pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Syifa Novanda Resta C1C018042-1_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris pengaruh kinerja pengelola keuangan terhadap kualitas pelaporan keuangan dengan variabel moderasi pemanfaatan teknologi informasi di masa Pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja sebagai pengelola keuangan pada OPD Kota Bengkulu dengan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah pejabat pengelola keuangan daerah, bendahara umum daerah, kuasa bendahara umum daerah, pengguna anggaran, kuasa pengguna anggaran, pejabat pelaksana teknis kegiatan, pejabat penatausahaan keuangan, bendahara penerimaan dan bendahara penerimaan pembantu, bendahara pengeluaran dan bendahara pengeluaran pembantu dan operator sistem informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data primer menggunakan kuesioner. Kuesioner yang disebarkan berupa pernyataan tertulis dengan menggunkan skala likert. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pengelola keuangan memberikan pengaruh positif terhadap kualitas pelaporan keuangan pada Pemerintah Kota Bengkulu namun untuk pemanfaatan teknologi informasi belum bisa memperkuat hubungan kinerja pengelola keuangan terhadap kualitas pelaporan keuangan Pemerintah Kota Bengkulu di masa Pandemi Covid-19. Implikasi penelitian bagi Pemerintah Kota Bengkulu dan peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang mempengaruhi kualitas pelaporan keuangan pemerintah di masa Pandemi Covid-19. Keterbatasan penelitian ini adalah nilai adjusted R square yang dihasilkan masih relatif kecil sehingga mengindikasikan bahwa masih banyak variabel lain yang mempengaruhi kualitas pelaporan Pemerintah Daerah. Kata Kunci : Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah, Kinerja Pengelola Keuangan, Pemanfaatan Teknologi Informasi di Masa Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:08
Last Modified: 15 Feb 2024 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item View Item