PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, PENDAPATAN USAHA DAN PERPUTARAN TOTAL ASET TERHADAP LABA BERSIH (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Rakania, Utari and Lisa, Martiah Nila Puspita and Fitrawati, Ilyas (2024) PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA PROMOSI, PENDAPATAN USAHA DAN PERPUTARAN TOTAL ASET TERHADAP LABA BERSIH (Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_UTARI RAKANIA_C1C017011_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (963kB)

Abstract

Pemerintah menilai sektor manufaktur mempunyai peluang yang besar di masa depan. terbukti pada riset HIS Markit yang menunjukkan, Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia meningkat dari bulan Desember 2020 yang tercatat 51,3 dan semakin meningkat di tahun 2021. Perlunya perusahaan bukan hanya fokus pada memperoleh laba tapi bagaimana memaksimalkan penggunaan sumber internal untuk menciptakan nilai bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menilai faktor- faktor yang mempengaruhi laba bersih pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur periode 2016-2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi, biaya promosi, pendapatan usaha dan perputaran total aset secara signifikan mempengaruhi laba bersih perusahaan. Implikasi dari penelitian ini memberikan informasi teoritis mengenai teori yang digunakan sebagai teori utama dalam penelitian ini yaitu resources based theory dan efficiency theory sebagai teori pendukung, selain itu implikasi dari penelitian sebagai informasi bagi pihak manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan terkait kegiatan operasional utama perusahaan dan menjadi acuan dengan memberikan bukti empiris untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:28
Last Modified: 15 Feb 2024 03:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17558

Actions (login required)

View Item View Item