Pengaruh Karakteristik Auditor Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020)

Subhan, Subhan and Rini, Indriani and Eddy, Suranta (2024) Pengaruh Karakteristik Auditor Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS SUBHAN OK_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh karakteristik auditor terhadap penghindaran pajak (tax-avoidance) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang menggunakan 123 sampel perusahaan dengan 617 observasi yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian dengan periode pengamatan 2016-2020. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik studi dokumentasi dengan pengumpulan data penelitian dari laporan keuangan yang telah dipublikasi oleh objek penelitian yang diakses dari website resmi Bursa Efek Indonesia http://www.idx.co.id. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas audit yang diukur menggunakan proksi KAP yang berafliasi BIG 4 terbukti memiliki pengaruh positif terhadap penghindaran pajak (2) audit tenure berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak. (3) audit delay berpengaruh positif terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:17
Last Modified: 19 Feb 2024 08:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17564

Actions (login required)

View Item View Item