ANALISIS PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG PENGGUNAAN NILAI DAYA TARIK SEKSUAL (SEX APPEAL) DALAM IKLAN POSTER TOKO SEPATU MILANO BENGKULU

Anggraini, Yusri and Lamhir, Syam SInaga and Azhar, Marwan (2010) ANALISIS PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG PENGGUNAAN NILAI DAYA TARIK SEKSUAL (SEX APPEAL) DALAM IKLAN POSTER TOKO SEPATU MILANO BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
YUSI ANGGRAINI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung tentang penggunaan nilai daya tarik seksual (sex appeal) dalam iklan poster toko sepatu Milano Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pengunjung toko sepatu Milano. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan langkah-langkah analisis secara kualitatif yaitu mereduksi data, penyeleksian data, klasifikasi data, penjelasan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa Berdasarkan usia informan maka persepsi tentang iklan dengan daya tarik seksual di toko sepatu Milano yakni menganggap biasa saja, sudah cukup mengerti, kurang pantas, dan kurang mendidik. Berdasarkan pembedaan jenis kelamin, persepsi informan laki-laki menyatakan penggunaan iklan daya tarik seksual adalah cukup menarik tetapi mungkin akan berefek negatif, sementara informan perempuan menyatakan biasa saja dan ada pula yang menyatakan kurang baik. Berdasarkan suku/etnis informan, ragam persepsi tersebut meliputi anggapan mereka berupa iklan dengan daya tarik seksual pada toko sepatu Milano dianggap tidak pantas, tidak sopan, tidak boleh, buruk, sembrono, dan dianggap gila. Materi iklan yang berperan stopping power yaitu bagian iklan (tubuh) yang paling menarik perhatian terdiri bentuk tubuh wanita model iklan yang cantik dengan kulit putih, bagian tubuh (betis dan paha) dan pakaian model. Bagian iklan yang mampu membangkitkan ingatan adalah wanita- wanita cantik dan seksi dengan pakaian yang seksi dan bagian-bagian tubuh wanita yang ada dalam poster. Iklan yang paling memikat kegairahan secara seksual adalah iklan yang bergambar seorang wanita sedang duduk dengan posisi setengah tertelentang di atas kursi berwarna putih. Gambar ini dinilai memiliki kesan seksualitas paling tinggi. Kesan sensual pada poster toko sepatu Milano terletak pada nilai keseksian dan kecantikan model, pakaian yang dikenakan dan gaya model poster, tetapi ada yang menganggap biasa saja, bahkan jorok dan kurang mendidik. Pada umumnya persepsi pengunjung menyatakan cukup mampu menarik perhatian pengunjung karena sensual, cantik dan seksi sebagian kecil menyatakan tidak cukup tertarik.. Persepsi pengunjung mengatakan pakaian yang dikenakan model dalam iklan sepatu toko Milano sangat mini dan tergolong berani sehingga menimbulkan kesan seksi. Bentuk tubuh model dianggap dapat memikat perhatian khalayak umum. Ekpresi wajah model dianggap menampakkan ekspresi wajah yang bahagia dan bergairah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Nov 2013 23:41
Last Modified: 19 Nov 2013 23:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item