ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEBIASAAN, BRAND IMAGE DAN KOMITMEN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAN TERNAK DI TOKO M.A TERNAK

Harnadi, David and Muhartini, Salim and Seprianti, Eka Putri (2024) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEBIASAAN, BRAND IMAGE DAN KOMITMEN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAN TERNAK DI TOKO M.A TERNAK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS DAVID. Fdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tahapan yang dilakukan konsumen sebelum melakukan keputusan pembelian suatu produk. Keputusan pembelian sebagai sebuah pendekatan penyelesaian masalah pada kegiatan manusia untuk membeli suatu barang atau jasa dalam memenuhi keinginan dan kebutuhannya yang terdiri dari pengenalan kebutuhan dan keinginan, pencarian informasi, evaluasi terhadap alternatif pembelian, keputusan pembelian dan tingkah laku setelah pembelian. Rumusan masalah penelitian adalah apakah persepsi harga, kebiasaan berbelanja, brand image dan komitmen konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian pakan ternak di Toko M.A Ternak. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kebiasaan berbelanja, brand image dan komitmen konsumen terhadap keputusan pembelian pakan ternak di Toko M.A Ternak. Penulis melakukan pengukuran keputusan pembelian dengan menggunakan empat indikator terdiri atas kemantapan pada sebuah produk, kebiasaan dalam membeli produk, melakukan pembelian ulang dan memberikan rekomendasi kepada orang lain (Kotler & Keller, 2016). Persepsi harga ditunjukan oleh empat indikator, yaitu keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga dan kesesuaian harga dengan manfaat (Stanton, 1998). Kebiasaan berbelanja diukur dengan tiga indikator, yaitu terus menggunakan produk perusahaan, tempat berbelanja jadi pilihan utama dan sulit menghentikan kegiatan belanja (Polites & Karahanna, 2012; Amoroso & Lim, 2017), brand image diukur dengan lima indikator, yaitu atribut, manfaat, nilai, budaya dan kepribadian (Kotler & Keller, 2016), sedangkan komitmen diukur dengan empat aspek yaitu perasaan bersalah tidak berbelanja, kesenangan berbelanja, hubungan yang baik dengan toko dan memiliki manfaat yang besar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, untuk melihat pengaruh antar fenomena. responden adalah pelanggan yang sedang berkunjung dan pelanggan yang pernah berkunjung ke Toko M.A Ternak Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara, sebanyak 100 orang responden. Pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner dan analisis data menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin positif persepsi harga maka keputusan pembelian semakin tinggi, sebaliknya semakin negatif persepsi harga maka semakin rendah keputusan pembelian konsumen. Kebiasaan berbelanja berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin baik kebiasaan belanja konsumen maka keputusan pembelian juga akan semakin tinggi, sebaliknya semakin buruk kebiasaan belanja konsumen maka keputusan pembelian konsumen juga semakin rendah. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin positif penilaian konsumen terhadap citra merek maka keputusan pembelian juga akan semakin tinggi, sebaliknya semakin negatif penilaian konsumen terhadap citra merek maka keputusan pembelian konsumen semakin rendah. Komitmen konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Artinya, semakin tinggi komitmen konsumen maka keputusan pembelian juga akan semakin tinggi, sebaliknya semakin rendah komitmen konsumen maka keputusan pembelian konsumen semakin rendah. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa variabel persepsi harga, kebiasaan berbelanja, brand image dan komitmen konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Toko M.A Ternak Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Variabel kebiasaan berbelanja memiliki pengaruh yang paling tinggi terhadap keputusan konsumen dibandingkan dengan variabel lain seperti persepsi harga, brand image dan komitmen konsumen. Adapun implikasi bahwa harga yang ditawarkan Toko M.A Ternak Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara harus tetap dapat bersaing dengan toko-toko sejenis di Argamakmur, jangan sampai harga murah yang ditawarkan mengurangi kualitas produk yang dijual. Toko M.A Ternak dapat melakukan survei harga untuk meningkatkan daya saing. Kenyamanan konsumen berbelanja perlu terus ditingkatkan, baik dari sisi tata letak produk, suhu ruangan dan keamanan parkir kendaraan. Peningkatan kenyamanan konsumen penting menjadi perhatian pihak Toko M.A Ternak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:19
Last Modified: 19 Feb 2024 08:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17587

Actions (login required)

View Item View Item