ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KOPI KAPAL API

Hidayat, Mustika and Trisna, Nurazi and Muhartini, Usman (2024) ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK KOPI KAPAL API. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS MEIYANTI FIRANITA_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari pemasar menjual produknya agar konsumen tertarik dan membeli produknya. Lebih jauh lagi, pemasar atau produsen menginginkan konsumen memiliki loyalitas terhadap produknya tersebut. Loyalitas konsumen adalah keputusan konsumen untuk sukarela terus berlangganan dengan produk perusahaan tertentu dalam jangka waktu yang lama. Penjelasan yang sama juga diberikan oleh Loyalitas merupakan kesediaan konsumen untuk terus berlangganan pada perusahaan dalam jangka panjang, dengan membeli dan menggunakan barang dan jasanya secara berulang-ulang. Secara teoritis, banyak faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen, seperti kepuasan (satisfaction), ikatan emosi (emotional bonding), kepercayaan (trust), kemudahan (choice reduction and habit), dan pengalaman dengan perusahaan (history with company), seperti kualitas produk dan citra merek produk yang diproduksi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris pengaruh citra merek, kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, tujuan lainnya yang ingin dicapai adalah mengetahui peran mediasi kepuasan konsumen pada pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Responden penelitian ini adalah konsumen kapal Api di Kota Bengkulu yang diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 170 orang. Metode analisis data digunakan analisis deskriptif dan analisis partial least square (PLS). Berdasarkan penelitian lapangan, diperoleh hasil bahwa: (1) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen produk Kapal Api di Kota Bengkulu; (2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen produk Kapal Api di Kota Bengkulu; (3) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen produk Kapal Api di Kota Bengkulu; (4) Kepuasan konsumen memiliki peran mediasi pada pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen produk KapalApi di Kota Bengkulu dan (5) Kepuasan konsumen memiliki peran mediasi pada pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen produk Kapal Api di Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat diberikan adalah: (1) kualitas produk, sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan (2) Memperbaiki dan mempertahankan kepuasan pelanggan agar memiliki loyalitas yang tinggi kepada perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:20
Last Modified: 19 Feb 2024 08:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17594

Actions (login required)

View Item View Item